Tuesday, July 14, 2015

Tarawih malam ke 24: Mushollah Nurul Haq

Mushollah Nurul Haq ini terletak di Perumahan Center View-Batam Center. Musholahnya kecil tapi megah dan menggunakan mesin pendingin (AC) 4 buah jadi lumayan dingin. Jamaahnya sedikit mungkin tadi malan sekitar 15 orang saja.

Pak Ustad Lukman Rifa'i malam tadi menyampaikan tausiyah tentang keutamaan 10 hari terakhir di bulan ramadhan serta kepada kaum muslimin dihimbau untuk menghidupkan malam-malam di 10 hari terakhir, dengan cara 'itiqaf dimesjid dan melakukan lebih banyak amalan-amalan ibadah lainnya.

Tarawih malam ke 25: Mesjid Al Falah.

Mesjid ini terletak di depan kantor pelayanan TELKOM di Pelita, tak jauh dari Ihotel dan Nagoya Hill, mulanya sebagai mushollah sebagai pengganti dari mensjid yang di gusur di Tanjung Pantun -Jodoh batam. Inilah mesjid paling megah dari segi arsitekturnya di Batam. Menjadikannya sebagai masjid berarsitektur tinggi dengan ciri khas berbeda dari masjid lainnya di Kota Batam. Mihrab masjid sebagai ruang sholat Imam tampak menawan dalam balutan arsitektur bercorak Timur Tengah. Berpadu dengan kemegahan arsitektur Nusantara bercorak Masjid Bangkinong dan Masjid Raya Bogor ditapak sebelah kanan dan kiri depan masjid. 

Lantainya granit (konon berkualitas tinggi), begitu juga dinding dalam mesjid dan dinding luar mesjid semuanya dari granit, sehingga ketika kita berada dalam mesjid begitu terasa kesejukan walau tidak menggunakan mesin pending udara (AC). Bantuk dan ornamen bagian dalam mesjid begitu megah dan enak untuk dipandang. Hanya sayang tempat wudhunya tak seimbang dengan bangunan mesjidnya, masih terlalu seadanya, mungkin itulah sebabnya pengurus sedang merenovasi tempat wudhunya. Kalau sholat Jum'at jika ada tak cepat datang anda akan tidak kebahagian tempat yang nyaman.

Tarawih malam ke 26 Mesjid Nurul Jannah.
Mesjid ini adalah tempatku sehari-hari untuk sholat berjamaah. Letaknya memang tak jauh dari perumahanku atau mesjid yang paling dekat dan nyaman di jangkau. Sebenarnya ada mushollah yang paling dekat dengan rumahku karena ke situ tidak begitu nyaman, terus seringkali sudah waktunya sholat belum juga azan, bahkan tak jarang saya sudah pulang dari mesjid dari Nurul Jannah baru terdengar azan berkumandang. jadi saya sholat berjamaah di Mesjid Nurul Jannah.

Mungkin ada pertanyaan, kenapa mesid paling dekat dan setiap hari dikunjungi malah agak terakhir baru sholat tarawih dis situ. Tadinya saya malah merencanakan mau sholat tarawih di hari terakhir. Rencana saya berubah karena sempat nonton siaran langsung Moto GP di TV, seru lihat 'The Doctor' meliuk-liuk diarena.

Nurul Jannah ini terletak di perumahan Eden Park-Batam Center. mesjid yang menurut saya belumlah makmur sama seperti mesjid-mesjid lainnya karena hari biasa sholat lima waktu paling ramai 2 shoof bahkan terkadang tak cukup 2 shoof. Tapi pengurus mesjid terus berusaha membenahi pembangunan sehingga sudah terlihat lumayan baik. 



No comments: