Tarawih Malam Ke 20: Mesjid Nurul Halimah

Mesjid Nurul Halimah terletak di perumahan Taman Seruni Indah-Batam Center. Kalao belum paham dimana lokasi Taman Seruni Indah, saya jelaskan sedikit saja. Jika anda dari arah sekupang menuju batam center (Walikota, BP Kawasan), Taman Seruni Indah ini sebelah kanan letaknya sebelum POM Bensin.

Kalau melihat ukurannnya lebih layak disebut surau / mushola. Satu shoof sekitar 12-13 orang pria dewasa, jumlah shoof 5 (depan ke belakang). Saya sudah beberapa kali sholat di mesjid ini, kalau Jum'at pernah saya liat begitu sesak hingga tak muat. Tapi pengurus dan Jamaah tentu sudah memikirkan hal ini, malam tadi saya lihat ada spanduk besar bertuliskan mesjid dalam upaya renovasi untuk diperbesar dan atau ditingkatkan/bertingkat, dan memang saya lihat sudah ada tiang-tiang dari cor semen.

Pak Ustad Muhammad... (maaf saya tak dengar secara jelas nama belakangnya ketika disebut pembawa acara). Menjelaskan tentang mensucikan jiwa. Kata Pak ustad manusia itu terdiri dari jasad dan roh/jiwa, keduanya perlu disucikan/dibersihkan karena kalo jiwanya kotor akan di jauhi Allah SWT. Mensucikan jiwa benyak yang bertanya-tanya karena hal itu sesuatu yang abstrak, padahal sangat penting dan tidak boleh diabaikan, mengapa?. Jiwa yang kotor tentu akan memperngaruhi fisik, sikap, tingkah, laku. Menyucikan jiwa kita dari sifat-sifat (akhlaq) yang buruk/tercela (disebut pula takhalliy – memakai kha’), seperti kufur, nifaq, riya’, hasad, ujub, sombong, pemarah, rakus, suka memperturutkan hawa nafsu, dan sebagainya. Selanjutnya menghiasinya jiwa yang telah kita sucikan tersebut dengan sifat-sifat (akhlaq) yang baik/terpuji (disebut pula tahalliy – memakai ha’), seperti ikhlas, jujur, zuhud, tawakkal, cinta dan kasih sayang, syukur, sabar, ridha, dan sebagainya.

Apa yang saya tulis ini tidak sama persis dengan apa yang pak Ustad sampaikan di mimbar, jika ada kesalahan, kekurangan mohon maaf dan saya mohon ampunan dari Allah SWT, semoga bermanfaat. aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

DARAH QURBAN SAPI UNTUK OBAT TELAPAK KAKI

Obat Gangguan Telinga.

KERAJAAN SRIWIJAYA; Minimnya Informasi.