Saturday, July 4, 2015

Tarawih Malam ke 17: Mesjid Baitur Rahim

Mesjid Baitul Rahim ini di Jl. KH Abdul Karim Jamak-Batam Center, persis di belakang kantor PT. Tarnsportasi Gas Indonesia dan atau di belakang kantor BPJS Kesehatan Batam Center, di depan Graha Lansia, di depan bangunan mesjid terdapat kolam yang cukup besar (ukuran hektar). Mesjid ini dua lantai, ruang sholatnya dilantai 2 dan lantai dasarnya sepertinya digunakan sebagai kantor, gudang dan sebagainya. Hampir sama seperti mesjid Al Iklash di Perumahan Plamo Garden Batam Center. Cuma mesjid Baitur Rahim tangga turun naiknya lebih dari dua, tidak seperti Mesjid di Palmo Garden hanya satu tangga.

Mesjid ini lumayan indah dengan berbagai ornamen didalamnya, bahkan bagian dalam kubah mesjid dihiasi tulisan 99 nama Allah SWT. Mesjid tidak dalam lokasi perumahan umum, sepertinya dilingkungan rumah pribadi.

Ketika usai sholat Isya, seorang pembawa acara mengumumkan bahwa infak selama bulan ramadhan hingga malam ke 16 sudah terkumpul 4 juta lebih. Saya tak tahu pasti apa sebabnya, apakah karena jamaahnya kurang, atau jamaahnya yang kurang memberikan infak. Malam tadi shoof jamaah lelaki 3 lebihKemudian diumumkan juga dikarenakan malam ini memperingati Nuzulul Qur'an, maka tausiyah ditiadakan.

Lalu setelah itu muazin berdiri mengajak jamaah memulai sholat sunat tarawih lalu tarawih dua rakaat, setelah itu jamaah langsung berdiri lagi muazin tidak membaca apapun, pak Imam langsung melafazkan Allahu Akbar, rakaat selanjutpun dimulai. Setelah rakaat itu selesai selesai baru muazin membaca sholawat lalu sholat tarawih dilanjutkan sama seperti sebelumnya hingga 8 rakaat. Untuk witirnya langsung 3 rakaat dan diakhir sebelum sujud pak imam membaca doa qunut.

Semoha bermanfaat.

No comments: