CARA AGAR MANGGA BERBUAH.

Mangga merupakan salah satu tanaman buah yang paling banyak peminatnya. Itulah sebabnya banyak sekali orang menanam mangga.  Di halaman rumah orang, depan kantor, di halaman mesjid sering kita saksikan pohon mangga tumbuh subur. Banyak yang berbuah banyak juga yang tak berbuah-buah.

Untuk yang tidak berbuah-buah, banyak yang sudah dilakukan seperti pemberian pupuk, melukai, dipaku,memangkas dan seterusnya, tapi tetap saja tak berbuah. Saya mengalami mangga seperti itu, waktu saya beli tahun 2010, dalam keadaan sedang berbuah.
Melukai Batang Mangga 
Pohon mangga baik ditanam di tanah dengan tingkat kelembaban sedang, tanah dengan tingkat kelembaban tinggi hanya akan mempercepat produksi daun namun tanpa pertumbuhan buah. Sebaliknya jika ditanam di tanah dengan tingkat kelembaban rendah, akan lebih banyak muncul bunga, namun jika kadar air tidak diperhatikan, maka bunga tersebut tidak akan membentuk bakal buah, jadi harus diperhatikan pengairannya. Ini beberapa tips dari penulis lain.
Ketika akan menanam pohon mangga, disarankan untuk membeli cangkokannya. Kenapa? Karena hasil cangkokan tersebut diharapkan mendapat sifat-sifat bawaan dari pohon sebelumnya. 
seperti mencanggkok
Jika anda memiliki beberapa pohon yang ditanam di pekarangan yang sama, perhatikan jarang antar masing-masing tanaman, karena hal itu akan mempengaruhi masukan air yang akan diserap oleh tumbuhan.
Perhatikan pula tentang penyinaran. Pohon mangga memerlukan sinar matahari yang cukup.
Keluarkan getah dari pohon mangga. Caranya? Gurat pohon mangga tersebut dengan pisau, arang, atau lainnya. Ada baiknya untuk membuat guratan pada pohon mangga
Bunga Muncul
ketika musim buah mangga telah tiba.
Lakukan pemupukan untuk merangsang tumbuh kembang bunga dan menjaga ketika telah terbentuk bakal buah , bakal buah tersebut tidak mudah rontok.
Bunga Mulai Banyak
Tanam paku pada batang dan cabang. Dengan menanam paku pada batang dan cabang, maka akan menghambat peresapan makanan oleh daun, tapi  akan digunakan untuk pembentukan bunga dan buah.
Pangkas daun-daun yang tidak produktif. Pemangkasan daun ini juga berfungsi untuk peresapan makanan dari tanah agar lebih digunakan untuk proses pembentukan bunga dan buah.
Saya sudah mencoba dan telah membuktikan, cara yang agak ekstrim. Pertama saya lukai batangnya, sekitar seminggu kemudian saya kuliti cabang pohon mangga itu seperti hendak mencangkok, tak lama kemudian mangga saya mulai keluar tunas dan berbunga. Saat saya lakukan ini pada saat mangga orang lain mulai habis panen mangga. Mangga saya mulai berbunga sekitar awal puasa ramadhan tahun 2015 ini. 

Saya mencoba hal ini setelah diberitahu kawan tempat beli mangga ini, pertama tidak berhasil tahun 2012 lalu, diberi pupuk buah Organik maupun Non Organik, juga tidak sukses. Setelah membaca artikel di internet Bulan Juni tahun 2015 ini saya kembali eksperimen, alhamdulillah berhasil.
Boleh dicoba. Semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

DARAH QURBAN SAPI UNTUK OBAT TELAPAK KAKI

Obat Gangguan Telinga.

KERAJAAN SRIWIJAYA; Minimnya Informasi.