Friday, July 3, 2015

Tarawih Malam Ke 16: Mesjid Shirathal Mustaqim

Mesjid Shirathal Mustaqim terletak di Perumahan Green Land-Batam Center, atau persis didepan gerbang Perumahan Center Point-Batam Center atau disimpang Sekolah Swasta Yos Sudarso-Batam Center. Mesjid Shirathal Mustaqim ini tergolong kecil. Kalau hari Jum'at saja yang ramai atau hari-hari tertentu lainnya.

Mungkin sehubungan dengan itulah maka Pak Ustad Endang Syarif Hidayatullah menyampaikan tausiyah berhubungan dengan hal itu. Memulai tausiyahnya Pak Ustad menyebutkan bahwa kita tiap malam menyebutkan bahwa kita puasa karena LILLAHI TA'ALA. Coba kita simak dibulan puasa ramadhan mesjid-mesjid penuh/ramai oleh orang-orang beribadah sholat, infak banyak, sedekah banyak, orang banyak beribadah lainnya. Tapi mengapa setelah bulan puasa selesai mesjid kembali sepi, infak / sedekah sedikit bahkan sebelum puasa selesai mesjid mulai sepi lagi, dan atau meningkat lagi ketika tanggal ganjil disepuluh hari akhir puasa. Bahkan banyak diantara kita setelah puasa selesai kembali lagi bermaksiat, judi lagi, mabok lagi, mencuri lagi, korupsi lagi dan berbuat dosa lagi.

Kata Pak Ustad itu karena kita menganggap hanya bulan ramadhan, bulan yang suci, hanya bulan ramadhan yang dilarang keras untuk bermaksiat, berbuat dosa lainnya. Di bulan-bulan lain kita juga dilarang bermaksiat dan atau berbuat dosa. Kalau setelah selesai puasa ramadhan seharusnya kita kembali suci seperti anak bayi yang baru lahir dan harusnya kita memelihara kesucian kita setelah ramadhan hingga ramadhan berikutnya.

Kalau kita kembali lagi berbuat maksiat, berbuat dosa seperti sebelum puasa ramadhan itu artinya puasa kita tidak punya dampak / pengaruh apa-apa terhadap diri kita. Lalu dimana letak LILLAHI TA'ALA nya?. Marilah kita berusaha untuk semakin bertaqwa, semakin memperbanyak ibadah sholat berjamaah, mengaji dan ibadah-ibadha lainnya.

Apa yang saya tulis ini sudah tentu tidak sama persis dengan apa yang pak Ustad Endang Syarif Hidayatullah sampaikan di mimbar. Jika terdapat kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, dan memohon ampunan dari Allah SWT. Semoga bermanfaat aamiin.

No comments: