Friday, December 30, 2011

PEMUTIH GIGI ALAMI.

Dulu, dikampungku Banding Agung, Komering Sumatera Selatan, ketika aku masih kecil, arang digunakan untuk menggosok gigi. Arang mungkin pengganti odol atau pasta gigi yang juga zaman itu sulit. Maksudnya tidak banyak dan semudah mendapatkannya seperti sekarang. 

Zamanku kecil dulu memang tidak banyak jenis dan merek pasta gigi, bungkusnya terbuat dari / berbahan alumunium kalau sudah mau habis digulung sehingga isinya benar-benar terkuras. Kemudian untuk berbelanja hal-hal serupa itu warga kampung saya hanya memiliki satu hari dalam seminggu untuk berbelanja, yang biasa kami sebut hari "KALANGAN". Hari itulah ada pasar rakyat dan itupun bukan di desa kami tapi di desa seberang sungai. Artinya jika kami harus pergi ke 'kalangan' kami harus menyeberang sungai dengan biduk alias perahu. 

Wah..betapa menyenangkannya jika Umak & Ubak ( Ibu & Ayah) jika mengajakku ke kalangan itu...mungkin serasa pergi ke mal zaman sekarang, tak sedikit anak-anak menangis karena tak diajak ke kalangan. Ramai, bisa jajan limapuluh rupiah sudah banyak dan hebat saat itu, soalnya masih ada harga satu rupiah dan lima rupiah. Es parut waktu itu sudah hebat sekali, ada lagi oleh-oleh yang juga selalu ada kami sebut 'kolong-kolong' penganan dari ubi yang dibentuk seperti gelang, keras tapi rasanya renyah.

Kembali ke Arang. Konon menggosok gigi dengan arang itu dapat memutihkan gigi secara alami. Bagaimana caranya, arang dihancurkan hingga menyerupai serbuk. Setelah arang itu seperti serbu gosokkanlah ke gigi dengan menggunakan jari. Jika anda melakukannya secar rutin Insya Allah gigi akan putih. Bahkan sekarang sudah ada pasta gigi yang berbahan arang, setelah diproses atau diolah secara moderen dan sehat.



No comments: