Wednesday, June 1, 2011

SUPER SALE.

Bersiap-siaplah menghadapi Batam Super Sale. Kapan tu?.

Pemerintah kota Batam bakal menyelenggarakan atau melaksanakan program 'super sale', program apa pula itu?. Program ini adalah seperti yang sering dilakukan oleh Negara Singapura, yaitu potongan harga atau biasa juga kita kenal dengan sebutan 'diskon'. Potongan harga itu tentu berkaitan dengan belanja, misalnya  anda belanja barang-barang / produk elektronik, pakaian, parfum, sepatu, dan sebagainya. Kalau anda tidak belanja tentu tidak ada potongan harga, SKB tentu akan diterapkan apa itu?, biasalah... Syarat dan Kententuan Berlaku. Dalam hal ini tentu Pemko Batam akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait (toko, mall) pengelola hotel, pengelola transortasi, restoran, tempat wisata) untuk mengatur SKB itu.





Sudah tentu program besar Batam Super Sale ini, harus sukses, tidak boleh ada pihak yang dirugikan penjual dan pembeli/pemakai harus sama-sama merasa diuntungkan. Saya yakin produk yang masuk dalam program potongan harga harus berdasarkan tahun produksi dan tentu masih layak pakai dan memang keluaran pabrik aslinya bukan tiruan alias palsu atau bukan barang bekas / rekondisi.

Potongan harga tentu harus jujur, maksudnya jangan seperti selama ini yang sudah menjadi rahasia umum, kalau potongan harga / diskon  sebetulnya merupakan akal-akalan saja, harga barang sudah dinaikkan  terlebih dahulu, jadi ketika kita membayar sesungguhnya tidak mendapatkan potongan, tapi kembali  keharga normal. 

Potongan harga semestinga perlu diawasi dengan ketat, karena banyak kejadian merupakan jebakan bagi pembeli. Potongan harga sebenarnya juga perlu ada periode, misal dari tanggal berapa hingga tanggal berapa. Mungkinkah potongan harga sepanjang bulan bahkan sepanjang tahun?. Nah Di Batam itu ada (saya bisa tunjukkan) kalau dipintu masuk ke tokonya tertulis diskon (kira-kira saja) 15%-35%, tulisan ini sudah agak luntur karena sudah tertempel dipintu itu selama bertahun-tahun, percayakah anda dengan tulisan diskon itu?. Ini yang saya maksud perlu diawasi, jujur dan perlu ada periodenya.

Program Batam Super Sale ini tentu bukanlah program latah, bukan pula program asal ada, dan tanpa persiapan. Tujuannya jelas untuk menarik wisatawan lebih banyak yang berkunjung ke Batam, juga sebagai upaya mengembalikan Batam sebagai surga belanja. Siapkah Batam?, ya orang-orang pemerintahnya,  aparat terkait,  transportasi (para supir), pedagang, pemilik mal, restoran, juga warga Batam sendiri. Jangan pula pemko hanya pandai membuat program lalu karena tanpa pengawasan, pembeli banyak dirugikan misalnya barang yang dijual tenyata palsu, atau pura-pura diskon. Atau intansi yang mengurus izin masuk barang malah mengambil keuntungan yang tak terkontrol sehingga barang tetap saja mahal. 

Konon katanya Batam itu surga penyelundupan (diselundupkan tapi diketahui aparat?). Konon pula barang-barang di Batam itu banyak yang palsu, jadi perlu kehati-hatian. Lalu kenapa barang-barang itu tetap mahal?, siapa penyebabnya?. Beberapa minggu yang lalu konter/penjual HP di Batam banyak yang tak buka / tidak beroperasi, karena adanya razia, mereka takut dirazia?, kalau barang-barang itu legal dan dijamin baik cara masuk maupun keasliannya, kenapa mereka harus takut?. Heran razia-razia itu sekarang banyak dilakukan oleh orang Jakarta (Mabes Polri, Bea cukai Jakarta, Depdag Jakarta), apakah aparat Batam tak sanggup, kenapa?, apakah semua ini permainan?. Mungkin itulah salah satu sebabnya barang selundupan itu tetap mahal.

Kapan akan dilaksanakan, rencananya akan dilaksanakan dua kali dalam setahun, masing-masing pertengahan tahun sekitar Bulan Juni / Juli dan selanjutnya akhir Tahun (Nopember / Desember), kenapa begitu?. Tentu Pemko Batam akan mengkalkulasi program itu secara akurat dan bersahaja agar sukses dalam hal meningkatkan kunjungan wisatawan, meningkatkan pendapatan, juga tentu tak ingin berbenturan / bersamaan dengan program serupa yang sudah sangat dikenal milik negara tetangga. Tentu tidaklah mudah mengaturnya, sehingga perlu persiapan dan perhitungan matang. Termasuk upaya memromosikan program ini ke berbagai lapisan masyarakat dan kepada dunia.

Bagi anda yang hobi jalan-jalan sekaligus penggila belanja bersiap-siaplah, untuk mengikuti program Batam Super Sale, dijamin anda akan senang berkunjung ke Batam, dan ingin mengulanginya lagi, SEMOGA.


Enhanced by Zemanta

No comments: