Monday, June 6, 2011

MALAS BERFIKIR, MANUSIAWIKAH?

Malas berfikir!, atau Aku lagi malas mikir, itulah yang terkadang tejadi pada diriku, mungkin hampir semua orang pernah mengalami hal serupa. Pada saat capek, pusing, punya masalah yang sangat pelikpun kita terkadang malah memutuskan untuk tidak mau berfikir, padahal saat memiliki masalah seharusnya kita malah meningkatkan daya fikir supaya masalah kita selesai. Manusiawikah manusia malas berfikir?.



Berfikir adalah satu kelebihan manusai dibanding mahluk lainnya. Artinya mahluk lain tidak memiliki daya fikir, jadi selama hidupnya mahluk lain itu tak pernah berfikir. Manusia diciptakan  memiliki daya fikir, artinya manusia memiliki kemampuan untuk berfikir sehingga manusia bisa berkembang, bertahan hidup dan dengan berfikir itulah tanda hidupnya manusia. Nah kalau ada manusia yang tidak berfikir maka kemanusiaannya boleh diragukan, artinya kita boleh menyimpulkan pada saat manusia malas bahkan tidak mau berfikir ia selevel dengan mahluk lain yang memang tak pernah berfikir. Tak berfikir itu salah satu monopoli hewan, karena hewan tak pernah berfikir.

Berfikir adalah kreatifitas yang tidak boleh terbelenggu oleh bingkai-bingkai pembatas. Berfikir adalah imajinasi yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, berfikir yang baik tentu mampu ditangkap dan dituangkan dalam bentuk ucapan, tindakan maupun tulisan. Bahkan berfikir adalah tindakan bebas yang terkadang sangat konyol, tidak lazim, kekanak-kanakan, bisa pula hasil fikiran menggambarkan betapa sangat matang, cerdas, cerdik, dan bijaksananya kita.

Dengan berfikir manusia mampu menghasilkan maha karya agung, spektakuler. Aku tu maunya mikir atau berfikir terus, berfikir itu tidak perlu keluar biaya alias tidak memutuhkan ongkos tapi  banyak diantara kita malas mikir apalagi menulis. Banyak orang dengan kemampuannya berfikir ia menjadi hebat, kaya raya, alim, rendah hati. Jadi apakah malas atau tidak mau berfikir itu manusiawi? Silahkan jawab sendiri dan cocokkan dengan mahluk lainnya.
Enhanced by Zemanta

No comments: