CARILAH PACAR ATAU MENANTU SEPERTI PRAMUKA.

Adakah Orang Seperti Pramuka??.
Tanggal 14 Juni 2011 lalu menjelang sore, ketika aku dan istri lagi duduk bersama seorang tamu rekan istriku, tiba-tiba datang seorang laki-laki berpakaian lengkap pramuka, setelah menyapa kami lalu menyodorkan proposal minta bantuan keuangan sehubungan akan diadakannya Jambore Pramuka.

Saya merasa heran dan aneh saja kalau kegiatan pramuka yang otomatis merupakan kegiatan anak sekolah, meminta sumbangan kemasyarakat umum dan meminta sumbangan dari pintu-kepintu. Lalu saya menghampiri lelaki itu didepan pintu masuk untuk meminta penjelasan atas keheranan dan keanehan itu. Sang lelaki mencoba menjelaskan tapi saya  tetap tidak memahami penjelasannya yang katanya ia merupakan utusan atau telah disetujui Pemerintah Kota Batam dalam hal ini Kecamatan Batam Kota.


Walaupun saya heran dan merasa aneh saya tetap nyumbang ala kadarnya, apa yang membuat heran?, baru kali ini melihat dan menjumpai pramuka minta sumbangan seperti itu. Kenapa harus heran dan aneh, bukankah di lingkungan kita adalah hal yang biasa orang meminta-minta, dari yang paling miskin, agak miskin dan yang tergolong sangat tidak miskin-maksudnya sudah punya kedudukan / jabatan  hebat tetap minta-minta juga, maksud yang lainnya adalah sudah punya pekerjaan tetap masih tetap minta-minta, ya pekerjaan tetapnya minta-minta,hee..he..he. Ingat cerita peminta-minta yang datang ke sebuah rumah mewah dan keluarlah seorang ibu paruh baya, dan peminta-minta itu lalu berkata.

"Bu, kasihan saya, sudah 3 hari saya tidak makan?".
"Wah,...malang benar nasib kamu".
"Tolong bu, saya lapar sekali". Lalu mengambil rumput dan mengucahnya, supaya siibu kasihan".
"Mari masuk". Lalu mengajak sipeminta-minta kebelakang, sipeminta girang sekali. Lalu siibu berkata lagi.
"Itu rumput yang lebih subur dan segar", sambil menunjuk rumput.
"#&*?X!". Sambil menggaruk kepala yang tak gatal.

Kegiatan pramuka adalah kegiatan anak sekolah yang tentunya sudah terkalender / terjadwal setiap tahunnya mestinya sudah dianggarkan dana untuk menunjang kegiatannya oleh Diknas. Ketika saya meminta penjelasan, bagimana para penyumbang tahu kalau ini benar-benar untuk kegiatan pramuka seperti yang mas jelasakan?. Berapa yang terkumpul dana dari masyarakat dan bagaimana pula pertanggungjawabannya?. Mengapa pula tidak ada bukti penerimaan?.

Dia hanya mencoba meyakinkan bahwa kegiatan ini memang benar-benar ada, lalu meminta saya melihat stempel Kecamatan Batam Kota pada proposan yang ia sodorkan pada saya. Karena saya menyumbang hanya ala kadarnya sayapun tak mencoba lebih banyak bertanya. Pertanyaan saya diatas saja mungkin sudah membuatnya kesal, dongkol dan menggerutu dalam hati. Sudahlah.. menyumbangnya sedikit banyak pula pertanyaan (mungkin terucap dalam hatinya, semoga tidak, karena ia seorang pramuka yang memiliki dasa dharma); 
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  • Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  • Patriot yang sopan dan kasatria
  • Patuh dan suka bermusyawarah
  • Rela menolong dan Tabah
  • Rajin, terampil dan gembira
  • Hemat, cermat dan bersahaja
  • Disiplin, berani dan setia
  • Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
  • Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan
    Itulah dasa dharma pramuka yang sejati (terus terang saya kurang hapal, dulu waktu SD pernah ikut pramuka) jadi Ia tidak akan menyelewengkan sumbangan dari masyarakat itu. Hebat betul jika ada orang seperti pramuka, kalo ada lelaki atau wanita seperti pramuka tentu akan menjadi idola, dan cocok menjadi pemimpin Indonesia masa kini dan akan datang. Cocok ula jadi menantu, carilah pacar atau menantu seperti Pramuka.

    Setelah saya membubuhkan tandatangan-bukan cap jempol pada proposal yang ia bawa, ia dengan gagah, patriot, sopan, rajin, tabah, gembira serta bersahaja melanjutkan usahanya ke pintu-pintu berikutnya. Semoga anak-anak yang telah didaftar untuk ikut jambore, benar-benar karena prestasinya, bukan yang lainnya. Semoga pula anak-anak pramuka itu kelak menjadi pemimpin Indonesia yang hebat seperti Dasa Dharma Pramuka. Adakah orang seperti Pramuka???.
    Enhanced by Zemanta

    Comments

    Popular posts from this blog

    DARAH QURBAN SAPI UNTUK OBAT TELAPAK KAKI

    Obat Gangguan Telinga.

    KERAJAAN SRIWIJAYA; Minimnya Informasi.