Tuesday, March 29, 2011

ANAK TERSIRAM AIR PANAS, SEBUAH PELAJARAN DIDAPAT.

Hari Sabtu tanggal 26 Maret 2011 yang lalu, anak seorang karyawan yang belum genap berusia 2 tahun, tersiram air panas mendidih yang baru saja diangkat sang ibu dari kompor. Kejadianya, ketika sang ibu mengangkat air panas, entah dari mana tiba-tiba sianak muncul mendekati ibunya dan tumpahlah air panas itu mengenai dada dan perutnya anaknya. Sianak tentu saja langsung menjerit dan menangis karena kepanasan.

Ibunya panik dan segera berusaha menolong dengan membuka baju kaos yang dikenakan sianak dari bawah keatas dalam keadaan masih basah dan panas. Namun apa yang terjadi kemudian; wajah, bibir dan hidung sianak yang terkena baju kaos itu juga ikut melepuh kepanasan. Sianak tambah berteriak dan kepanasan dan siibu malah ikut menangis karena melihat anaknya bertambah parah penderitaannya dan merasa ikut bersalah.

Lalu pelajaran apa yang didapat atas kejadian itu?. Tentu saja kita tak boleh panik, baringkanlah/dudukkanlah sianak secara perlahan-lahan lalu jangan sekali-kali membuka baju apalagi baju kaos dengan melepaskannya secara normal. Bukalah / lepaskanlah baju itu dengan cara mengguntingnya, sehingga luka bakar tidak menjalar ke anggota tubuh lainnya akibat baju koas yang masih panas.

Jika disekitar anda terdapat tanaman lidah buaya, berilah pertolongan pertama dengan menempelkan daging (seperti lendir) dari lidah buaya itu ke bagian yang terkena air pans itu. Lidah biaya sangat efektif mengurangi rasa panas. SEMOGA BERMANFAAT.

No comments: