Monday, July 19, 2010

TEH HIJAU


Duh.. Senang, dikasih oleh-oleh orang Jepang Teh Hijau. Setelah membaca-baca tentang manfaat teh hijau aku jadi menyukainya. Anda juga akan merasakan perbedaan rasa teh Hijau yang diproduksi Indonesia dengan yang diproduksi Jepang baik aroma maupun rasanya. Kebetulan Jepang tempatku bekerja selalu minta disediakan teh hijau asli dari Jepang dan kalau memesan makan siang masakan Jepang, teman minumnya selalu teh hijau.
Tradisi meminum teh sangat terkenal terutama di Cina, Taiwan, Jepang serta Asia Timur jauh, termasuk Asia Tenggara. Bahkan terdapat Upacara minum teh ritual tradisional Jepang dalam menyajikan teh untuk tamu. Teh disiapkan secara khusus oleh orang yang mendalami seni upacara minum teh dan dinikmati sekelompok tamu di ruangan khusus untuk minum teh yang disebut chashitsu. Teh bukan cuma dituang dengan air panas dan diminum, tapi sebagai seni dalam arti luas. Upacara minum teh mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup antara lain tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda. Tamu yang diundang secara formal untuk upacara minum teh juga harus mempelajari tata krama, kebiasaan, basa-basi, etiket meminum teh dan menikmati makanan kecil yang dihidangkan. Pada umumnya, upacara minum teh menggunakan teh bubuk matcha yang dibuat dari teh hijau yang digiling halus.
Membaca berbagai artikel ternyata teh banyak manfaatnya, terutama teh hijau, simaklah beberapa manfaatnya termasuk yang ilmiah maupun yang tidak ilmiah. Ni… yang gak ilmiahnya bisa mengulur usia/memperlambat kematian alias sebagai penjaga awet muda.

Teh hijau banyak disarankan untuk dikonsumsi karena manfaatnya berlipat diantaranya: Sifat antioksidan teh hijau mampu melindungi DNA sel-sel dari kerusakan serangan oksidasi radikal bebas sehingga pertumbuhan sel-sel liar atau tumor jinak dapat dicegah.

Manfaat terhadap penyakit kardiovaskular dan kadar kolesterol dalam darah.
Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum teh hijau empat cangkir atau lebih tiap hari berisiko lebih kecil untuk terkena aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) dan penyakit jantung koroner, selain itu juga teh hijau diyakini dapat; Merangsang penurunan berat badan, Mencegah bakteri H.Pylori, penyebab sakit perut, Perlindungan Ginjal dari pembentukan racun uremik, Mencegah lubang gigi dan penyakit gusi, Efek deodorisasi dalam mulut, Melindungi kulit terhadap sinar ultra violet, Mencegah kerusakan paru-paru oleh tembakau..
Penelitian lain menghasilkan bahwa khasiat teh hijau untuk kesehatan “payudara untuk wanita” dan “payujaka untuk pria”. Ukuran tumor payudaranya makin mengecil dan keganasannya pun berkurang dibanding tikus yang hanya meminum air biasa. Berdasarkan pengamatan sejauh ini di negara-negara yang rajin mengkonsumsi teh hijau setiap hari, tingkat kanker payudara wanitanya sangat rendah, karena kebiasan mereka minum teh hijau, patut ditiru.
Menurut Dr. Gail Sonenshein, bahwa teh sama sekali tidak mempunyai efek samping yang merugikan. Karena itu, orang tidak perlu takut mengkonsumsi tiga hingga lima cangkir teh per hari. Tidak ada masalah apabila orang rajin minum teh hijau sebagai langkah pencegahan. Dari pada meminum minuman yang manis-manis yang kelak merugikan tubuh anda sendiri. Teh Hijau sebaiknya di seduh dengan air panas dengan suhu antara 80-85 derajat, sebab jika terlalu panas bukannya lebih baik. Tapi repot pula ya..kalau setiap bikin teh mengukur dulu panasnya dengan termometer, malah gak jadi minum teh…he…he.


Enhanced by Zemanta

No comments: