Friday, June 26, 2015

Tarawih Malam ke 9 : Mesjid As Sa'diah.

Mesjid As Sa'diah terletak di Legenda Malaka juga, persis dilingkungan yayasan pendidikan Annisa, depan perumahan Rananta Batam Center. Mesjid ini tergolong kecil cuma sekitar 8 shoof. Tapi kelihatannnya mesjid ini masih belum makmur dan mesjid belum diurus secara profesional. Anak-anak kecil dibiarkan ikut sama ayahnya di shoof paling depan bahkan persis didepan mimbar, sianak tidak ribut tapi bergerak-gerak dan atau melakukan gerakan sholat sesukanya.

Pengurus mesjid perlu mendidik para jamaah, agar datang lebih awal, sehingga ketika datang sudah agak terlambat tidak lagi menunaikan sholat rawatib (sunat), jadinya terkesan malah menunggu jamaah. Bagaimana saya tidak katakan menunggu jamaah yang terlambat datang terus saja sholat. Dibeberapa mesjid waktu sholat sunat sesudah azan dibatasi, misal 8 menit dan atau patokannya imam. Jika sang imam sudah selesai sholat sunat maka muazin langsung berdiri untuk qomat. 

Mesjid Al Kaffah, Nurul Yaqin di legenda juga, sudah melakukan hal seperti itu, para jamaahnya sudah hafal, kalau Pak imam sudah rakaat kedua, mereka (jamaah yang datang agak terlambat) tidak lagi menunaikan sholat sunat, menunggu sambil berdiri atau duduk.

Jamaah sholat tadi malam juga tidak ramai karena shoof laki-laki tidak penuh bahkan sebahagiannya anak-anak. Mesjid ini memang berbeda dengan mesjid-mesjid lainnya di Perumahan Legenda yang ditengah-tengah lingkungan perumahan. mesjid As Sa'diah justru diluar lingkungan perumahan, mungkin sebab itu jamaahnya kurang ramai.

Tadi malam Pak ustdanya menyampaikan golongan umat muhammad yang masuk syurga; seperti orangtua yang memiliki anak minimal 3 meninggal sebelum baligh, orangtua meiliki dua anak perempuan yang sholeha dan rajin mendoakan orangtuanya dan contoh-contoh yang lain dan katanya jika hal-hal itu tidak ada sama kita, kita bisa melakukan wudhu dengan benar lalu sesudah wudhu membaca doa sesudah wudhu, maka in sya Allah masuk syurga. 

Saya tak begitu ingat apa yang disampaikan karena agak cepat, panjang dan banyak, sekali lagi apa yang saya tulis tidak sama persis dengan apa yang Pak ustad sampaikan, mohon maaf jika terdapat kesalahan, mohon ampunan dari allah SWT,.semoga bermanfaat aamiin.


No comments: