Thursday, June 25, 2015

Tarawih Malam ke 8: mesjid Baitul Ummah

Mesjid Baitul Ummah letaknya di Perumahan Oma Legenda, Batam Center. Masih dilingkungan / sebelah Legenda Malaka. Mesjid ini tidak besar, ruang utama shoofnya sekitar 7 atau 8 lebar sekitar kurang lebih 15 meter. 
Pengisi / Penyampai 'Kultum' Pak imam mesjid Nurul Yaqin Legenda Malaka tempat saya sholat tarawih malam ke 7. Beliau menyampaikan 4 Golongan yang dirindukan syurga. "Siapa atau golongan mana saja yang dirindukan surga tersebut?. Yang pertama kata beliau 'gemar membaca Al Quran dan lebih baik lagi jika memahaminya.
Golongan kedua yang dirindukan surga, lanjutnya, yaitu orang yang dapat memelihara lisan/lidah. Pengertian dari memelihara lisan, antara lain minimal tidak menggunjing orang lain, tidak berkata hal-hal buruk dan seterusnya. Lisannya terjaga karena lisan itu lebih berbahaya, kalau orang sakit karena luka tidak berapa lama bisa sembuh tapi kalau hati orang sudah sakit bulan, tahun belum tentu sembuh.
Ketiga surga merindukan orang yang suka memberi makan yang sedang kelaparan atau ifthar untuk orang berpuasa / memberi makan ta'jil bagi yang berpuasa. Karena membukakan orang yang berpuasa itu juga mendapatkan pahala sejumlah orang yang berpuasa. Dan yang keempat kata Pak Imam, golongan keempat, yaitu orang puasa Ramadhan dengan ikhlas (karena Allah). 
Mohon maaf apa yang saya tulis pasti tidak sama persis dengan apa yang Pak Ustad sampaikan diatas mimbar, Saya hanya merangkum, dan memohon ampunan dari Allah SWT jika terdapat kesalahan. Semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments: