Monday, June 22, 2015

Tarawih Malam ke 4 dan 5

Tarawih Malam ke 4 di Mesjid Al Munnawaroh.
Mesjid ini lokasinya di Perumahan Anggrek Sari Batam Center. Cukup besar dan megah. Sholat tarawihnya berlangsung 11 rakaat 23 rakaat. Pembawa acara menyebutkan demikian dan pada saat 8 raak pertama sudah selesai pak Imamnya memberitahukan kepada jamaah, bagi yang tarawih 11 rakaat untuk istirahat terlebih dahulu dan melanjutkan witir kemudian.

Pak ustad Sadenur penyampai 'Kultum', menyampaikan dan mejelaskan hadis berikut; Nabi SAW bersabda : “Pada bulan ramadhan umatku diberikan lima perkara yang tidak diberikan kepada seorang Nabi pun sebelumnya. Pertama, bila datang awal malam Ramadhan  Allah Azza Wajalla melihat mereka. Dan barang siapa dilihat Allah, dia tidak akan mendapatkan azab selamanya. Kedua, bau mulut mereka di sore hari (saat berpuasa) lebih harum di sisi Allah dari pada aroma minyak kasturi. Ketiga, para malaikat memohonkan ampun untuk mereka siang dan malam. Keempat, Allah azza wajalla telah menyuruh surga. Dia berfirman kepada surgaNya itu “Bersiap-siap dan berhiaslah  untuk hamba-hamba Ku sudah dekat waktunya mereka itu untuk beristirahat dari kesusahan dunia menuju rumah dan rahmatKu”. Kelima,  bila telah tiba malam akhir Ramadhan, Allah SWT  mengampuni dosa mereka semua. Seorang sahabat bertanya “Apakah yang di maksudkan itu lailatul Qadar (malam keagungan)?. Jawab Rasulullah SAW “ Lain ! tidaklah kamu melihat para pegawai (buruh) Bukankah ketika telah rampung pekerjaannya mereka disempurnakan gajinya (mendapatkan bonus atau pesangon )”? ( Hadits Riwayat Baihaqi). 

Namun sayang penjelasannya hingga 20 menit, padahal jelas dilayar ditulis 'kultum' oleh ustad Sadenur. Gak sesuai lagi dengan judulnya, Penjelasannya sebetulnya bisa singkat dan padat, tapi seringkali, kalimatnya berulang atau dimunculkan kalimat lain yang maksudnya sama dengan kalimat pertama. Pak ustadnya juga sampai 2 kali salah menyebut 'jamaah jumah', mungkin artinya jamaah sholat jumat.

Tarawih Malam ke 5 di Mesjid Al Kaffah.
Mesjid ini berlokasi di Perumahan legenda Malaka disamping Blok A dan samping perumahan Legenda Bali. Mesjid ini termasuk yang lumayan besar, makmur oleh aktifitas jamaahnya, kompak. mengapa saya katakan begitu. Imamnya 2, secara bergilir dalam sholat 5 waktu mereka memimpin sholat dan hebatnya lagi hingga hari ini belum terdengar perpecahan/perselisihan yang keras diantara kedua imamnya. Mamumnya hampir selalu minimal 3 shoof, bahkan waktu subuh (saya sempat menetap di legenda dan menjadi makmum disana), tadi malam saya lihat shoof laki-laki penuh hingga kebelakang (penuh) diruang sholat utama. Malam ke 4 tarawih saja infak yang diterima sekitar 20 juta. Sungguh hebat.

Pak Ustad menyampaikan hadist "Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya (perbuatan baik) akan menghapusnya (perbuatan buruk). Dan berperilakulah terhadap sesama manusia dengan akhlak yang baik." (HR. Ahmad dan al Tirmidzi, beliau menghasankannya). Taqwalah kamu, tidak hanya ketika berada di mesjid, tapi saat di kantor, ditempat kerja dan dimanapun.

Penjelasannya singkat dan padat, semoga bermanfaat. Mohon maaf dan ampunan kepada Allah jika ada yang salah atau kurang.

No comments: