Friday, June 5, 2009

TIPS NEGOSIASI GAJI

Bertanya:

Banyak pewawancara memberikan kesempatan kepada pelamar untuk bertanya, banyak juga yang lupa atau tidak memberi kesempatan bertanya. Kalau anda diberi kesempatan untuk betanya, anda harus benar-benar ingat bahwa pertanyaan yang anda ajukan dapat menggambarkan siapa, kualitas, minat, dan wawasan anda. Bertanyalah untuk hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, misalnya:
• rencana-rencana perusahaan kedepan
• pengembangan karir dan promosi
• Pelatihan-pelatihan
• Kompensasi atau benefit yang akan diberikan dan masih banyak lagi pertanyaan postif lainnya.
Tetapi jangan pula hanya sekedar ingin bertanya, akhirnya ngawur. Misalnya “apakah perusahaan ini menyediakan seragam”. Bekalilah diri anda tentang sekelumit perusahaan, misalnya bidang usahanya. Bertanya bisa menggambarkan tentang minat dan keseriusan pelamar.

Negosiasi Gaji

Hal yang paling sulit dari sebuah proses wawancara adalah ketika mendiskusikan masalah gaji. Banyak sekali pelamar gatot (gagal total) pada pase ini. Anda harus berhati-hati sekali dalam mendiskusikan masalah ini, katakanlah bahwa anda senang dan menyambut positif untuk berbicara gaji, anda harus terbuka. Namun jangan terjebak untuk langsung menyebut pada satu angka. Anda bisa menyebut kisaran antara, misal satu juta hingga satu juta limaratus, dengan itu pewawancara bisa menangkap anda tidak kaku dengan gaji yang anda minta. Namun jika anda diminta harus menyebutkan pada satu angka sebutkanlah pada angka yang paling tinggi dari kisaran angka tadi.

Anda harus yakin dengan kompetensi anda sendiri. Anda melamar dan datang untuk wawancara tentu karena anda memiliki kemampuan dan mungkin ditambah pengalaman. Pengalamam yang ada miliki merupakan bekal untuk bernegosiasi, kalau anda pindah tentu salah satu alasannya adalah karena ingin gajinya lebih baik. Lebih baik satukali, dua kali dari sebelumnya. Ingat jangan meminta terlalu besar bisa menimbulkan masalah juga jangan terlalu rendah karena anda dianggap tidak berkualitas atau hanya sekedar ingin bekerja.

Hal lain yang patut anda pertimbangkan dalam bernegosiasi gaji adalah pendapatan anda sekarang ini/sebelumnya: gaji pokok, tunjangan-tunjangan, pajak penghasilan, kesehatan, atau fasilitas-fasilitas lain yang anda terima. Ada baiknya juga anda tanyakan/ketahui tunjangan-tunjangan, pajak penghasilan, kesehatan, atau fasilitas-fasilitas yang akan anda dapatkan jika diterima. Dari kumpulan hal-hal tersebut anda bisa menentukan kisaran gaji yang akan anda inginkan. Jika dipertanyakan mengapa gaji anda di tempat sebelumnya rendah/kecil katakan saja itu merupakan salah satu alasan bagi anda untuk mencari peluang yang lebih baik.

KOLUBI ARMAN

2 comments:

Health, Sex and Beauty said...

saya praktekkan nanti pak..
sapa tahu dari gaji sekarang ada kenaikan 20%, kan lumayan...

K.Arman said...

Semoga berhasil