Thursday, September 27, 2012

AGNES MONICA, GO INTERNATIONAL.

Kemaren tanggal 26 September 2012, anakku yang kedua Farras Anruko, yang kini duduk di klas V SD, bertanya padaku perihal Agnes Monica, siapa tu. Itu artis/penyanyi papan atas Indonesia yang hebat, energik, cantik,  yang gak pernah mati gaya, dan tariannya. Pertanyaan anakku itu, seperti berikut; 

"Yah, Agnes Monica itu, terkenal diluar negeri ya?",
"Iya, dia memang hebat, gigih dan bersungguh-sungguh".
"Go International itu apa maksudnya Ya?".

Mungkin anakku, pernah membaca atau mendengar tentang Agnes Monica yang berusaha 'go international', bolak balik ke luar negeri dalam rangka mengembangkan karirnya lebih baik, lebih jauh, lebih tinggi. Tentu penyanyi sekarang ingin tidak hanya sukses di Indonesia (baca dalam negeri), tentu juga ingin sukses dan populer diluar negeri ( baca manca negara), atau yang biasa di sebut 'go international'. Kebetulan dalam dua hari ini ada sebuah TV swasta menayangkan perjalanan karir dan konser tunggal Agnes Monica. Semoga ia semakin sukses dan benar-benar 'go international'.

Aku kemudian menjelaskan, bahwa dalam dunia yang serba cepat dengan dukungan berbagai media seperti TV, internet. Apapun bisa 'go international', kita tak perlu harus keluar negeri agar terkenal, agar dilihat oleh penduduk manca negara. TV, Internet bisa membantu kita untuk 'go international', terkenal di luar negeri. Banyak hal dan peristiwa di dunia ini, mendunia karena diberitakan TV, karena internet. Padahal peristiwanya di pelosok nun jauh disana, bisa dari gang-gang kecil seperti gangnam, gangtujuh, ganglapan.

Contoh sederhana saja 'gangnam style' tarian yang dipopulerkan artis korea, yaitu tarian mirip tarian kuda lumpingnya milik Indonesia. Kini sangat-sangat terkenal, sangat digemari dan ditarikan banyak orang diberbagai penjuru dunia. Tariannya sederhana, tak susah, semua orang bisa meniru/melakukannya.Berkat TV dan internet 'go international', sipenyanyi Korea itu setelah tariannya terkenal ia baru sibuk keluar negeri, di undang untuk dilihat langsung. 

Jadi 'go international' tidak mesti dimulai diluar negeri, bisa kok dimulai dari kampung halaman.

No comments: