Saturday, September 29, 2012

DUA NASEHAT PALING BAIK.

Desember tahun 1992 lalu tetangga sebelah rumah kami di komplek PT. Arun-Batuphat-Aceh Utara, Jalan Bontang No. 1, tetanggga kami itu, istilahnya 'meninggal mendadak'. Ketika itu 3 malam berturut turut diadakanlah ta'ziah, Pak ustad bergantian menyampaikan tausyiah. Salah satu isi tausyiah yang paling saya ingat hingga kini adalah bahwa ada dua nasehat yang paling baik.

Nasehat pertama adalah Al Qur'anul karim, tentu saja kandungan serta pemahaman isinya. Wajar karena Al Qur'an adalah Kalam Illahi yang berisi pentunjuk keselamatan dan peringatan bagi yang mengingkari. Sungguh Al Qur'an menjadi nasehat yang paling baik bagi manusia yang berfikir.

Pagi ini istri seorang karyawan di tempatku bekerja meninggal, kami ramai-ramai menjenguk dan menghadiri pemakaman. Untuk menemui serta turut berbela sungkawa. Nasehat terbaik kedua adalah kematian. Kenapa?, kematian menjadi nasehat paling baik. Karena Allah berfirman "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (Al-Anbiya : 35). 

Firman Allah SWT yang lain tentang kematian dalam Al Jumu’ah: 8 “Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada , yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan".

Kenapa kematian menjadi nasehat penting?, Tidak ada yang bakal luput dari kematian, tidak ada yang luput dari penghisaban / penghitungan, walau sembunyi, lari kemanapun kematian itu tetap akan menjemput dan Insya Allah tidak akan meleset, tertunda atau hadir lebih awal.

Maka seharusnya dengan melihat, mendengar kematian kita menjadi ingat, bahwa kitapun kelak akan mengalami hal serupa / kematian, maka jika belum beramal, manjalankan perintah Allah mulailah sekarang, jika sudah beramal dan beriman maka tekunlah, tawakallah serta tingkatkanlah, karena KITA TAK PERNAH TAHU KAPAN KITA AKAN DIPANGGIL OLEH ALLAH SWT. Semoga Bermanfaat. Aamiin.


No comments: