Thursday, March 8, 2012

TEMPOYAK, Makanan Pengingat Kampung Halaman.

Anda pernah dengar kata itu. Tempoyak adalah hasil fermentasi buah durian (dagingnya saja) yang diberi garam secukupnya dan cabe. Kira-kira tiga hari kemudian fermentasi durian itu siap untuk di olah baik sebagai bumbu masakan tertentu atau sebagai sambal yang dipadukan dengan ikan teri, ikan salai, ikan lainnya. Rasanya lumayan asam.

Tempoyak paling populer di seantero Sumatera Selatan (Palembang, OKI, OKU, Musia Banyuasin dan sebagainya) di Palembang dengan mudah kita temukan tempoyak, namun dibeberapa tempat juga dikenal seperti di tanah melayu, kalimantan bahkan di Malaysia. Kalau di dusunku Banding Agung-OKU Timur, SUMSEL sana biasa disebut tampuyak karena bahasa Komering tidak mengenal huruf 'E'. Hampir semua ibu rumah tangga membuat sendiri tempoyak dari durian yang mereka miliki, pada bulan-bulan seperti February, Maret, tempoyak sangat banyak seiring musim durian disana. Dan hampir dipastikan orang-orang asli dusunku menyukai tampuyak.

Kalau Umak/Ibu saya dulu juga sering bikin, makanya ketujuh anaknya suka semua, bahkan terkadang Ubak/Umak (Bapak dan Ibu) saya tidak perlu memasak tempoyak terlebih dahulu, tapi langsung diambil dari tempat penyimpanan lalu diuleg sama cabe dan menjadi teman makan nasi. Kalau saya belum sanggup memakan tempoyak seperti itu, harus dimasak dulu atau disambal. Istri saya sudah pandai memasak bahkan sudah mulai suka.

Selasa tanggal 06 Maret 2012, seorang saudara baru aja pulang kampung dan kembali ke Batam, oleh-olehnya tempoyak. Tempoyak asli tanpa campuran. Kalau di Palembang tempoyak ada yang dicampur dengan pisang. Wah...makan jadi lahab juga teringat kampung halaman. Harus diingat bahwa salah satu sarana pengingat Kampung halaman adalah makanan, ya...makanan yang dulu masa kecil kita sering makan atau nikmati. Jadi jangan tidak bangga menjadi orang kampung, jangan pernah pula menolak makanan kampung.

1 comment:

abib rahman said...

salam kenal pak
tempoyak memang enak, dulu pernah makan diasrama karena ada temen dapat kiriman dari jambi..

pengen deh makan lagi, ada ga ya no kontak pedagangnya??mau mesen nih