Thursday, May 12, 2011

BAGAIMANA JIKA 'ALAT VITALNYA' REDUP?.

Pagi kemaren tanggal 11 Mei 2011, sekitar pukul 8.30 aku dan istri menuju rumah sakit Awal Bros Batam. Kami berdua ingin menjenguk seorang sahabat yang hendak dioperasi. Kenapa harus pagi sekali?, kebetulan kata sahabatku itu operasinya akan dilakukan sekitar pukul sembilan pagi. Ya..bergegaslah kami kesana.

Sampai disana dan memasuki gedung rumah sakit itu, langsung terasa suasana kemewahannya-paling tidak jika dibandingkan dengan rumah sakit lain yang ada di Batam, sepertinya kita memasuki hotel berbintang, nyaman, sejuk,pilihan warna-warna dinding juga ikut menyejukkan, banyak lukisan alam, bunga menghiasi dinding itu, seragam para medisnya juga lebih menarik.

Lalu kami menuju lantai tiga dari sekitar 7 lantai yang ada, di depan ruang itu seorang petugas keamanan berbadan kekar duduk untuk memastikan situasi aman dan terkendali. Saya lalu menghamilinya,...eh maksudnya menghampirinya untuk bertanya dan memohon izin masuk menjenguk. Petugas keamanan ini mengatakan kalau untuk membesuk, bukan waktunya dan tidak diizinkan. Saya katakan bahwa sahabat saya itu baru mau dioperasi sekitar pukul sembilan. Akhirnya ia menemani kami dan menunjukkan ruang tempat sahabat saya itu. Di dinding disetiap pintu masuk ruang inap terdapat botol yang berisi sabun antiseptik, botol itu cukup ditekan lalu akan keluar sabun untuk mencuci dan membersihkan tangan tanpa harus menggunakan air dan pengering seperti handuk. Tapi saya kurang pasti apakah penggunaannya hanya untuk dokter dan para medis saja atau untuk umum yang berkunjung / memasuki ruang inap, kurang jelas saya.

Dalam ruang yang mewah dan fasilitas lengkap itu ternyata sahabat saya itu ditemani ibunya, istrinya sedang menuju Batam dari Tanjung Pinang, anak-anaknya tidak diizinkan ikut. Lalu kami ngobrol tentang penyakit yang ia derita. Katanya gejalanya pinggangku sering sakit dan pegal-pegal dan kalau buang air kecil agak sulit dan seperti tak selesai. .Menurut dokter terjadi pengendapan sehingga membatu. Bisa dibuat cincin tak tu? (maklum sama-sama hobi batu cincin). Lalu saya bilang tapi kuat minum, olah raga badminton kuat bahkan semiggu tak kurang empat kali, apa karena buang air suka ditahan-tahan. Ia cuma diam saja, lalu ibunya menambahkan dia itu kuat minum tapi minuman-minuman seperti 'redbull, ponari maaf maksufnya pocari, isotonik dan sejenisnya. Ya begitulah sekali lagi membuktikan minum air putih itu lebih baik dari pada minuman yang lain dan jangan suka menahan-nahan untuk buang air kecil. Dilengan kanannya dipasang gelang oleh pihak rumah sakit, mungkin sebagai gelang pengaman, jika pasien lari dan belum bayar akan bunyi dan sipetugas keamanan yang kekar segera bertindak.

Saya juga ikut prihatin dengan sahabatku yang satu ini, kenapa begitu?. Beberapa waktu lalu istrinya dioperasi juga karena pada bekas operasi cesar kelahiran anak ketiga mereka terjadi daging tumbuh. Kemudian belum lama istrinya selesai dioperasi anak pertama mereka juga harus dioperasi karena menderita usus buntu. Operasi yang dilakukan terhadap sahabat ku ini tidak perlu membedah kulit, cukup memasukan alat melalui saluran pembuangan air kecil / kencing lalu laser akan menghancurkan batu dalam ginjalnya. Tak terbayang betapa sakitnya dan bagimana jika 'alat vitalnya' redup?, tak mampu lagi berfungsi, coba tebak siapa yang resah dan gelisah?, suami atau istrinya?, silahkan tebak sendiri, dan mulailah dari sekarang menggalakkan minum air putih sesuai kebutuhan dan jangan suka menahan kencing. Jaga Kesehatan Badan dan Fikiran anda.



Enhanced by Zemanta

No comments: