Monday, April 4, 2011

SOTO MEDAN.

Wisata Kuliner Batam.
Jika anda ingin makan siang di Batam, taklah salah jika saya merekomendasikan, rumah makan yang satu ini yaitu SOTO MEDAN. Letaknya tak jauh dari Mall Nagoya Hill satu deret dengan Kantor Pos-Nagoya. Sebetulnya Soto Medan ini sudah ada jauh sebelum Mall Nagoya Hill ada, bahkan lokasi Nagoya hill itu masih hutan / tanah berbukit, soto medan ini sudah ada. Soto Medan yang satu ini begitu terkenal, itu dibuktikan yang selalu ramai jika waktu makan siang dan kini sudah memiliki 3 buah rumah makan, di Nagoya ini yang pertama, di Batam Centre tak jauh dari Mesjid Raya yang kedua, dan di daerah Penuin yang ketiga. Saya, istri dan anaku keduaku Farras Anruko adalah korban ketagihannya, anakku yang pertama Nabila Khansa tidak ikut pergi tapi minta dibelikan juga.

Pemilik restoran ini sebenarnya orang Aceh Asli dan istrinya Jawa Medan. Sejak buka sekitar tahun sembilanpuluhan ia menumpang pada kedai kopi milik seorang China, namun sejak tahun lalu kerja sama itu pecah dan sang pemilik Soto Medan ini membuka sendiri pindah beberapa toko dari tempat semula ia membuka usahanya (masih satu deret dengan tempat lamanya). Keberhasilan orang Aceh ini dalam membuka dan mempopulerkan SOTO MEDAN di Batam, telah mengilhami banyak orang yang juga mencoba membuka / berjualan SOTO MEDAN. Namun Soto Medan yang dimiliki orang Aceh inilah yang paling populer, ramai di Batam.

Makan di rumah makan ini tidaklah rugi, karena rasa yang sangat enak dan harganyapun pas (maksud saya tidak sampai Rp 20.000,- termasuk sepiring nasi). Bumbunya begitu terasa, kuahpun kental dengan santan yang berwarna kekuningan. Pilihan isi sotonya berupa daging ayam, paru, daging sapi dan babat atau dicampur. Perbedaan yang juga sangat mencolok dari penampilan SOTO MEDAN ini adalah isinya. Tidak ada sayuran didalamnya seperti tauge, kubis atau mi. Jika anda memesan daging ayam maka dalam soto itu akan diisi banyak sekali daging ayamnya sedang soto yang lain biasanya dicampur dengan sayuran dan dagingnya malah hanya sebagai pelengkap saja.http:www.bux4ad.com/aft/afta7c64554.html/

No comments: