Wednesday, April 27, 2011

SIAPA UNTUNG?, MELIPUT PERNIKAHAN WILLIAM & KATE.

Stasiun-stasiun televisi seluruh dunia mengarahkan perhatiannya untuk meliput pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton Jumat ini, laporan seorang reprter dari Hollywood, Rabu. Semakin dekatnya pada hari agung nanti, tidak hanya kedua pengantin yang gundah gulana, juga semua orang yang menantikan acara itu. Di prediksikan pernikahan itu akan menjadi bahan tontonan terbesar dalam sejarah televisi, stasiun penyiaran seluruh dunia mengarahkan perhatiannya ke pernikahan anggota keluarga kerajaan itu dan untuk beberapa hari ke depan London akan menjadi pusat perhatian dunia.

Tentu bukan karena latah, atau tak ingin ketinggalan hampir semua media masa Indonesia meliput perkembangan pelaksanaan pernikahan putra kerajaan Inggris William dan Kate, bahkan ada beberapa media eletronik (dunia maya) menyediakan halaman khusus untuk ini, tak ketinggalan ada beberapa media televisi juga setiap hari meng-update berita dan akan menyiarkan langsung acara pernikahan itu kelak tanggal  29 April 2011. Pernikahan orang kerajaan atau keturunan para raja adalah kisah bahagia yang begitu menarik untuk diliput dizaman moderen ini dan diharapkan hari itu teramat indah buat semua orang, tetapi harus diingat acara itu sesungguhnya tidak memiliki pengaruh apa-apa kepada banyak orang yang punya rencana, punya harapan dan imajinasi sendiri, bahkan hanya menimbulkan hayalan-hayalan indah bagi orang yang lagi kasmaran diberbagai belahan dunia ini.
Prince William and Kate Middleton Gold Plated Commemorative CoinSegala hal tentang acara pernikahan itu, kisah dibalik percintaan, pernak-pernik/asesoris yang dimiliki kedua mempelai tak luput dari pemberitaan. Semua media ingin menampilkan sesuatu yang unik dan luput dari media pesaing dan itulah yang membuat pernikahan itu begitu besar. Tapi salahkan itu semua, tentu tidak. Tapi sesungguhnya buat Indonnesia khususnya bagi rakyat Indonesia, apa manfaatnya meliput dan memberitakan pernikahan William dan Kate ini secara terus menerus dan bahkan beberapa media televisi ingin menyiarkan langsung, siapa yang diuntungkan?. Terlalu banyak hal yang terjadi dimasyarakat yang luput dari pemberitaan dan peliputan media masa, soal kemiskinan, kesengsaraan, atau suatu tempat yang belum tersentuh pembangunan walau Indonesia telah 65 tahun merdeka dan sebagainya. Tak usah berlebihanlah, secukupnya saja.

Tapi biarlah mungkin dengan menonton acara itu, kita semua sedikit terhibur dan bisa menyaksikan kota London serta bisa mengetahui adat istiadat orang Inggris lebih jauh. Dari pada menonton televisi acara tawuran, terorisme korupsi, terorisme perbankan, teroris pengadilan, teriorisme penyelundupan. Tentu acara pernikahan ini akan menghibur. Kerajaan Inggris tentu lebih bergembira karena popularitasnya terangkat kembali dan mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Semoga tidak hanya William dan Kate yang bahagia tapi semua orang yang menyaksikan acara itu.

No comments: