Sunday, October 14, 2012

MENUDUH SEBAHAGIAN BESAR KORUPSI.

Sungguh sangat berbahaya pernyataan Ketua Fraksi PAN DPRD KEPRI, Yudi Carsana di Batam Pos Sabtu tanggal 13 Oktober 2012; yang menyimpulkan sebahagian besar pejabat di KEPRI pernah melakukan korupsi. Dengan hanya mengetahui susunan pendapatan / gaji para pejabat dan membanding harta serta kemewahan mereka, Yudi Carsana berani menyimpulkan mereka korupsi. Pernyataan Yudi Carsana ini pembelaan atas Azirwan yang dipromosikan oleh Gubernur KEPRI, padahal Azirwan pernah divonis dan masuk penjara karena kasus korupsi. Kenapa berbahaya?.

Pertama karena kesimpulannya hanya berdasarkan pengamatan, Yudi melihat para pejabat baik di Provinsi, Batam, Bintan, Karimun dan daerah lainnya di KEPRI dengan gaji yang ada (mungkin tak seberapa) tapi banyak harta, rumah mewah dimana-mana, mobil juga mewah atau banyak, mungkin juga menyekolahkan anak di luar negeri. Kesimpulan tidak bisa akurat hanya dengan pengamatan, bisa-bisa mengarah ke fitnahan.

Kedua jika Yudi Carsana yakin bahwa para pejabat itu korupsi, mengapa ia tak melaporkan kejahatan itu ke pihak berwenang. Membiarkan hal itu sama dengan mendukung terjadinya korupsi, membiarkan korupsi sama dengan membiarkan kejahatan, membiarkan kejahatan korupsi sama dengan membiarkan yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin. Lalu untuk apa anda duduk di DPRD KEPRI?.

Ketiga pernyataan Yudi Carsana, bahwa Azirwan telah dipenjara dan menjalaninya secara rela, tidaklah salah jika yang bersangkutan diberi kepercayaan untuk menduduki jabatan struktural yang penting bisa membuktikan kinerja. Seolah Yudi Carsana tidak peduli mengenai keadilan dan kepatutan, Yudi Juga mengabaikan betapa orang berduyun-duyun mendukung KPK tanpa diminta, itu membuktikan orang semakin banyak yang muak dengan korupsi. Mungkin juga Yudi ingin mengatakan bahwa masih banyak pejabat di KEPRI yang kejahatan korupsinya lebih besar dari Azirwan yang belum tersentuh hukum,sehingga Azirwan masih layak.

Keempat pernyataan Yudi berkaitan dengan Azirwan ini bukannya menangkan, menyejukan suasana tapi malah menebar, menuduh, bahkan berkategori memfitnah dengan mengatakan sebahagian besar pejabat pernah melakukan korupsi...., Yudi bisakah anda membuktikan hal itu dan melaporkannya?.

Setahu saya (kalau saya tidak salah) Partai Amanat Nasional (PAN) tempat Yudi Carsana sekarang bernaung, pernah disebut sebagai Partai Lokomotif reformasi, kenapa?. Karena sang pendirinya adalah lambang perlawanan terhadap rezim Soeharto yang penuh ketidakadilan hampir dalam segala hal, dan penuh dengan korupsi. Hukum hanya berpihak kepada yang lemah, yang dekat dengan kekuasaan tenang-tenang saja, bahkan terus menjulang karier dan jabatannya. Ini salah satu (dulu) mengapa PAN lahir. (entahlah sekarang).

Semoga Yudi Carsana (walau saya mengenal sedikit), semakin berhasil untuk kebaikan, semakin hebat, semakin bijak dalam berpolitik dan terus mengawal dan ikut memberantas kejahatan Korupsi di KEPRI. Semoga anda diridhoi oleh Allah SWT, aamiin.

No comments: