Thursday, April 19, 2012

TIGA MENDASAR DALAM MEMILIH AGAMA.

Ketika membaca beberapa buku, saya menemukan tiga dasar utama dalam memilih agama. Agama ternyata adalah fitra manusia secara sadar maupun tak sadar manusia menganggap bahwa ia butuh agama, banyak faktor kenapa orang butuh agama, misalnya untuk ketenangan jiwa dan ketentraman hidup, agar hidupnya lebih teratur dan terarah dan sebagainya. Berikut ini saya menuliskan kembali tiga hal dasar seseorang dalam memilih agama tertentu (dari berbagai sumber). Untuk berbagi.

Pertama Tuhannya, kedua Rasulnya dan Ketiga Kitabnya. Kenapa tiga dasar ini..ya karena tanpa tiga dasar ini, keimanannya tidak akan kuat, tidak mengenal Tuhannya, tidak mengenal Rasulnya,  tidak tahu kitabnya. Jangan-jangan bukan agama tapi sebuah produk manusia yang disebut budaya. Jika orang jujur dan benar-benar ingin memeluk agama yang sempurna, ia pasti akan memilih Islam sebagai agamanya. Kenapa???.

Pertama dari segi aspek TUHAN, Coba kita bandingkan tuhan-tuhan yang ada dengan Tuhannya Islam yaitu ALLAH SWT. Sangat sempurna, memenuhi segala kriteria sebagai Tuhan yang dibutuhkan manusia. Tunggal / Esa, tidak bergantung pada apapun, tidak bersekutu dengan apapun, tidak awal pun tidak berawal, tidak akhir pun tidak berakhir. Sungguh Maha Kuasa atas segala hal di Langit, di Bumi dan diantara keduanya.

Kedua Rasul. Jika kita simak Rasul Islam dengan seksama tanpa prasangka buruk, maka kita akan jatuh hati kepada Nabu Muhammad SAW. Kenapa?, Karena informasi tentang Nabi Muhammad sangat terang, jelas dan mengagumkan. Sejarahnya tercatat dengan baik, tanggal lahir, perjalanan hidupnya jelas, tanggal wafatnya juga jelas, makamnya juga jelas dan masih ada hingga kini, coba simak yang lainnya. Sebuah ayat QS Al Baqarah (2): 146 terjemahannya. "Orang-orang (Yahudi & Nasrani) yang telah Kami beri Al Kitab (Taurat & Injil) mengetahui Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri, Dan sesungguhnya sebahagian diantara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui".

Selanjutnya dari segi akhlak dan budi pekertinya yang sangat terpuji, sangat santun serta agung. Seorang kepala keluarga yang bijak, penuh kasih sayang, pemimpin umat dan politik / negara yang ulung, berwibawa dan adil, disegani lawan maupun kawan, sangat dihormati para pengikutnya, dermawan, rendah hati, jujur, amanah dan segudang hal-hal baik lainnya. Maka pantaslah ketika itu banyak orang orang masuk islam juga salah satunya karena pribadi Nabi Muhammad yang mengundang kekaguman itu.

Ketiga Yaitu Kitabnya. Jika kita membanding-bandingkan Kitab agama didunia ini, dengan sejujurnya andapun bakal jatuh hati kepada Al Qur'an, Kenapa???. Karena keasliannya terjaga dengan baik walau sudah berabad-abad sejak diturunkan hingga kini belum ada yang berubah walau satu hurufpun. Isinya merupakan petunjuk bagi manusia yang sangat universal, berlaku sepanjang zaman dan dengan keadaan apapun dan untuk siapapun, tanpa keraguan. Bahkan hasil riset dan penlitian secara ilmiah dan moderen semakin membuktikan kebenaranya Al Qur'an. Tentang alam semesta beserta kejadiannya, tentang manusia, tumbuhan, hewan, alam dan seterusnya. Allah yang akan memelihara Al Qur'an QS. Al Hijr (15): 9 terjemahannya "Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya"..

Jikapun ada yang meragukan Al Qur'an. Al Qur'an sendiri yang menyatakan dirinya benar, bahkan menantang siapa saja untuk meniru, membuat semacam Al Qur'an, meskipun sebahagian saja. Alhamdulillah hingga kini belum ada yang berhasil membuat walaupun bersekutu dengan Iblis, setan dan jin. Nan Sungguh ajaib Al Qur'an mampu dihafal luar kepala oleh jutaan manusia dari yang muda hingga yang tua dan sungguh belum ada buku apapun yang bisa dihafal manusia sebanyak orang menghafal Al Qur'an.

Tulisan ini sekedar untuk berbagi, untuk menambah wawasan yang sudah beriman semoga tambah beriman dan taqwa, yang belum semoga menjadi berfikir, merenung lalu beriman. Semoga bermanfaat. Amiiiin.

No comments: