Saturday, April 28, 2012

Obat Gangguan Telinga.

Sekali lagi aku menuliskan soal pengobatan ini bukan karena aku ahli atau pakar tentang pengobatan. Tapi sekedar untuk berbagi. Dulu waktu masih kecil saya memang pernah memiliki cita-cita untuk menjadi dokter. Gak kesampaian jadi dokter sungguhan, alhmadulillah jadi dokter yang lain, dokter tulis menulis.

Pernahkah anda mengalami gangguan telinga, misalnya pekak, sakit karena kemasukan air, gatal, berdengung bahkan gangguan yang lumayan hebat seperti bernanah / tungkik, teler. Nah...kalau pengajaran orangtua dulu gangguan telingan yang ringan dapat dihilangkan dengan cara; ambilah batang daun pepaya (yang seperti pipa itu) yang masih segar, tidak terlalu tua juga tak terlalu muda. Lalu batang daun pepaya itu dihangatkan / jerang / panggang diatas apa, tapi jangan sampai terbakar atau hangus.

Lalu setelah dirasa cukup tiuplah telingan secara perlahan-(ingat! pelan-pelan) dengan menggunakan batang pepaya yang masih hangat tadi, mintalah orang lain untuk meniupkannya, karena kalau sendiri susah dan batang pepaya itu bisa patah dan tidak bisa ditiup. Lalukanlah berulang-ulang, Insya Allah gangguan ringan pada telinga anda akan segera hilang.

Kalau didusunku Banding Agung Ogan Komering Ulu Timur-SUMSEL, dulu jika ada anak-anak telinganya bernanah / betungkik / teler. Maka orangtua akan menangkap ('Kailik' orang dusun kami menyebutnya) sejenis kadal (ukurannya lebih kecil) warna kulitnya tidak coklat, tapi agak putih, kekuningan belang garis hitam. Lalu ekornya diputus/dilepas lalu dimasukkan kedalam telinga yang bernanah itu beberapa saat. Entah mengapa pada umumnya telinga yang bernanah itu sembuh. Entah mengandung apa ekor hewan itu.

No comments: