Sunday, January 8, 2012

OBAT GATAL-GATAL ALAMI.

Menulis tentang obat-obatan dalam blogku sebenarnya bukan karena saya ahli dalam bidang ini, tapi saya sekedar ingin berbagi,pengalaman saja atau membagi sesuatu yang menurutku perlu diketahui banyak orang.

Dulu masa aku kecil tahun tujuhpuluhan, obat-obatan gatal seperti; minyak angin, obat gosok berupa balsem belum ada. Gatal disebabkan ulat bulu, serangga yang mengakibatkan bentol (bengkak kecil) dan kulit memerah, biasanya orang kampungku mengobatinya dengan bulung punti (bahasa komering) (bulung=daun  punti=pisang).

Caranya daun pisang yang baru dipetik / diambil dari batangnya dijerang diatas api sampai layu, kemudian daun pisang yang layu dan masih panas itu langsing ditempelkan pada bagian kulit yang gatal. Gatal yang diderita biasanya langsung reda, bila perlu lakukan berulang-ulang saat itu juga. Rasanya enaaak betuuul saat rasa hangat daun pisang bekerja pada kulit yang gatal.

Daun pisang yang akan dipakai tidak usah dilap atau dibersihkan, tak usah juga dicuci dengan air, bagian punggung atau bagian bawah dari daun pisang itulah yang dijerang langsung menghadap api dan bagian itupula yang harus ditempelkan pada bagian tubuh yang gatal. Bagian punggung atau bagian bawah dari daun pisang biasanya terdapat warna putih seperti bedak. Daun pisang yang paling baik adalah punti tamboh (bahasa Komering) Pisang kepok (bahasa Indonesianya), tapi jangan paksakan untuk mencari daun pisang ini karena daun pisang merek lain juga bisa.

Ini untuk obat gatal bukan obat kegatalan, kalau kegatalan bukan daun pisang tapi buah pisang, makan tu buah pisang setiap hari, bisa bikin lebih bugar, tak percaya cari tahu saja manfaat pisang. Semoga bermanfaat.

1 comment:

Obat Asam Urat said...

kayaknya mudah di dapat ni tipsnya... thanks