Friday, January 20, 2012

CARA MUDAH MENGELUARKAN SERANGGA DARI MATA.

Anda tentu pernah kelilipan, atau mata anda pernah kemasukan serangga kecil saat mengendarai motor. Jangan dikucek, karena akan menyebabkan mata anda iritasi ringan dan memerah. Ada cara yang paling mudah untuk mengeluarkan serangga kecil atau benda kecil lainnya dari mata kita.

Dulu waktu masih kecil di dusun Banding Agung-Komering Ulu-Sumatera Selatan sana, oleh kedua orangtuaku jika itu terjadi padaku, maka aku disuruh segera mengambil air (misal dengan baskom) lalu mata kita yang kelilipan atau kemasukan serangga direndam/dimasukan dalam air bersih. Mata kita dikedip-kedipkan dalam air, jika memungkinkan tarik-tariklah secara perlahan kelopak mata yang terasa ada serangga / benda dengan jari dalam air, maka serangga / benda itu akan keluar dengan mudah. Cara lain alirkanlah air bersih secara perlahan kemata yang kelilipan sambil mata dikedip-kedipkan.

Untuk mengurangi mata terasa perih / sakit ringan, saya diajarkan orang Melayu dengan cara mencuci / menyiram dengan air bersih jempol kaki. Kalau mata kanan yang perih / sakit ringan maka dicucilah/siramlah adalah jempol kaki kiri beberapa saat. Jika mata kiri yang perih / sakit ringan maka jempol kaki kananlah yang dicuci / disiram. Silahkan buktikan sendiri. Semoga bermanfaat.


No comments: