Wednesday, September 14, 2011

HALAL BIHALAL ATAU 'OPEN HOUSE'.

Samakah Halal Bihalal dengan Open House?.

Ada yang menarik yang terjadi dibeberapa tahun belakang ini. Apa itu?, itu acara halal bihalal yang biasanya dilaksanakan setelah puasa ramadhan atau saat lebaran berlangsung. Kini acara itu sedikit demi sedikit, perlahan namun pasti berubah nama menjadi 'open house'. Para pejabat hebat di Indonesia, belakangan dalam berlebaran menggunakan istilah itu untuk memberikan kesempatan seluas luasnya kepada masyarakat untuk berlebaran dirumah sang pejabat, Jadi yang menonjol disana adalah acara makan atau berbagai makanan bukan meminta dan memberi maaf. Nuasa islamnya lama kelamaan akan terpinggirkan.


Menurut Dr. Quraish Shihabhalal-bihalal merupakan kata majemuk dari dua kata bahasa Arab halala yang diapit dengan satu kata penghubung ba (dibaca: bi) (Shihab, 1992: 317). Meskipun kata ini berasal dari bahasa Arab, konon masyarakat Arab sendiri tidak akan memahami arti halal-bihalal yang merupakan hasil kreativitas bangsa Indonesia. Halal-Bihalal adalah adalah hasil pribumisasi ajaran Islam di tengah masyarakat Asia Tenggara. Halal-bi halal merupakan tradisi khas dan unik bangsa ini.

Memang Halal Bihalal cuma ada di Indonesia, artinya di Arab sana tidak dikenal, tapi acara ini sangat baik. Dalam satu acara dikumpulkanlah manusia untuk saling bermaafan, kan lebih hemat dan efisien. Kalau mendatangi satu persatu sulit dan membuang-buang waktu. 

Tapi apakah Halal Bihalal itu sama  dengan open house mari kita simak apa sebenarnya; An "open house", or as it is more often called "Open Day", is an event held at an institution where its doors are open to the general public to allow people to have a look around it in order to gain information on it. (Open house atau seperti yang lebih sering disebut 'open day' adalah sebuah acara digelar disebuah institusi yang pintu-pintunya terbuka bagi masyarakat umum sehingga memungkinkan orang untuk melihat-lihat atau mengetahui isi dalamnya-sumber wikipedia). Lazimnya open house dilaksanakan di Amerika, Canada, Inggris, Autralia, dan Seladia Baru, dan biasanya dilaksanakan oleh sekolah-sekolah seperti SMA dan jenjang berikutnya keatas. 

Nah....Jelaskan perbedaannya, jauh sekali makna serta tujuannya. Halal Bihalal bertujuan bersilaturahim, meminta maaf dan memberi maaf, sedangkan Open House adalah acara untuk memberikan informasi atau memberi kesempatan kepada orang luar untuk melihat-lihat. Jadi tak usah deh..mengganti acara halal bihalal itu dengan nama open house, beda bangat....

No comments: