Friday, August 20, 2010

VISIT BATAM 2010 (Nasi Kuning dengan 8 Asesoris & Bubur Ayam)




Jika anda penggemar Nasi Kuning. Anda layak mencoba yang satu ini, milik Bu Titin di Pasar Mega Legenda-Batam Centre. Ibu Titin berjualan di ruko persis depan bangunan Pasar Mega Legenda, mulai 06.30 hingga sekitar 10-11 siang. Ia jualan sendiri, anak perempuannya tempat ia menetap, hanya membantu berkemas di rumah dan memindahkan  peralatan dan bahan-bahan jualan dari mobil ke etalase tempat ibu Titin berjualan, setelah itu ibu Titin ditinggal, ia sudah lumayan berumur, suaminya seorang warga Singapura.

Saya sudah mencobanya beberapa kali dan menurutku enak dan masih murah meriah. Disamping rasanya yang enak dan gurih juga yang membuat nasi kuning milik ibu Titin berbeda dengan yang lain jumlah pendamping (asesoris) nasi kuningnya sebanyak 8 macam; kerupuk, sambal tempe, sepotong opor ayam, bihun goreng, telur ayam (bulat/dadar), perkedel, bawang goreng dan sambal cabai (lihat gambar-photo ini saya ambil sebagaimana aslinya-tidak ditata karena saya ingin photo).

Harga sepiring nasi kuning selengkap itu Cuma Rp 7.000,-, masih murah bukan?, tapi setelah memasuki bulan puasa yang diiring harga-harga mulai merangkak naik, bisa saja Ibu Titin menyesuaikan harga nasi kuningnya per porsi. Memang dilidah nasi kuning milik Bu Titin ini terasa agak manis, sesuai khasnya orang Jawa, tapi bu Titin tak kehilangan akal, bagi yang ingin pedas disediakannya sambal cabai.

Untuk Hari Sabtu dan Minggu pagi, pasar Mega Legenda lumayan ramai dikunjungi pembeli termasuk yang sarapan. Nasi Kuning Bu Titin juga lumayan ramai dan masih bertahan hingga hari ini. Kita, sebagai pembeli memang terkadang sedikit harus bersabar, karena Ibu Titin sudah agak lamban gerakannya, itu artinya agak lambat juga menyajikannya. Tapi masih wajar dan memang enak.

BUBUR AYAM

Bagi penggemar Bubur Ayam, yang satu ini tidaklah rugi untuk anda coba. Selain rasanya enak, gurih dan harganya cukup terjangkau cuma Rp 7.000,- (lihatlah gambar). Jangan bayangkan kalau bubur ini berkuah, namun begitu tetap terasa renyah dan bisa memuaskan anda, setidaknya bisa mengganjal perut untuk menghilangkan rasa lapar. Sungguh nikmat jika di makan dalam keadaan hangat.

Bubur ayam ini benar-benar lembut dan halus, ditambah asesorisnya seperti daging ayam, cakwei, kacang kedele goreng dan bawang goreng, tambah krupuk. Ibu dan suaminya yang berjualan bubur ayam ini berasal dari Sunda-Jawa Barat, Ia berjualan disamping Ibu Titin hanya beda ruko / bangunan, dulu mereka berjualan persis ditempat ibu Titin berjualan sekarang ini, lalu karena sudah ramai dan maju mereka pindah, menyewa sebuah ruko, disamping ruko tempat Ibu Titin berjualan, hingga sekarang masih ramai.

No comments: