Monday, July 20, 2009

Tips dalam menjalani wawancara

1. Pertama supaya anda dapat diwawancarai tentu harus dimulai dengan melamar, macam mana mau diwawancara kalau anda tidak pernah melamar/mengirim/membawa surat lamaran.
2. Surat lamaran anda haruslah rapi dan bisa dibaca, kalau gak rapi dan apalagi gak bisa dibaca, tentu yang akan mewawancarai malas liatnya, mungkin langsung dibuang ke tong sampah.
3. Isi lamaran haruslah menggambarkan siapa anda, riwayat hidup, pendidikan serta kemampuan lainnya. Jangan coba-coba mencantumkan riwayat orang lain, misalnya anda fotokopi punya teman anda, itu namanya palsu.
4. Anda harus tau apa yang anda lamar, bagian yang mana. Ibarat melamar anak gadis orang kalau anda datang tidak tau mana yang dilamar (mungkin karena anak calon mertua anda cantik semua) anda jadi bingung, maka bersiaplah untuk tidak diterima alias ditolak.
5. Pakaian harus rapi, dan segar. kalau gak digosok, koyak dan berbau parit atau ketiak, wah..ada yang gak nyaman. Pastikan juga kancing baju semua terkancing, apalagi resleting celana anda, Ingat istilah HABIS PAKE DITUTUP KEMBALI".
6. Pilihlah warna pakaian yang tidak mencolok warnanya dan serasi antara baju dan celana/rok. Jangan coba-coba misalnya celana/rok orange, baju hijau daun muda/terang, nanti dikira badut. Jangan pula terlalu ketat apalagi anda seorang wanita yang mewawancari pria, wah bisa ,,,gawat. Sepatu juga harus bersih, ketika jalan jangan sampai nginjak "ituan"nya kucing, atau ayam nanti pewawancaranya bingung dan mual.
7. Pastikan perut anda sudah terisi sebelum diwawancara, jangan pula pas wawancara perut anda berbunyi dengan keras, cacingnya bikin band keroncongan. Periksalah upil dihidung jangan sampai nongol dan gigipun harus bersih jangan pula ketika anda senyum terlihat kulit cabe atau tomat.
8. Katika masuk, tunggu dipanggil. jangan nyelonong aja, kalau perlu diketuk pintunya dan masuklah melalui pintu yang disediakan, jangan lewat/manjat jendela, nanti diteriakin maling, bisa babak belur.
9. Masuklah dengan sopan, jangan patenteng-patenteng, besiul-siul, dan tertawa terbahak-bahak. Kalau ini dilakukan mungkin satpam datang untuk nyeret anda keluar.
10. Badan dan wajah harus tampak segar, semangat. kalau muka ngantuk, lalu sering nguap dan loyo bakal gatot (gagal total)
11. Duduklah dengan sopan posisi tegak, mata jangan jelalatan kesana kemari, apalagi memandang dada pewawancara (kalo wanita) yang membusung dan berbaju tipis. Tentu pewawancaranya risih.
12. Rileklah baik wajah maupun badan anda, kalo tegang nanti keringat jagung malah membasahai pipi, kalau rilek suasana jadi enak dan nyaman.
13. Tangan jangan geratil, pegang sana, pegang sini pena pewawancara dipegang lalu ditanya harganya, dikasih atau beli?.
14. HP (kalau ada) dimatikan, jangan pula HP anda lebih sering berbunyi dari pada HP pewawancara.
15. Jawablah pertanyaan pewawancara secara jelas dan mengena. Jangan lakukan tes bahasa Inggris seperti berikut ini. "please tell me your family in English" lalu anda menjawab "sorry, I don't have family in english, all in Jawa". Hindari juga jawaban "YA" atau "TIDAK" saja.
16. Jangan ceritakan yang dia tak tanyakan, misalnya tiba-tiba anda jelaskan tetangga anda yang kelahi dengan pak RT. Jaga suara dan intonasi, jangan terlalu pelan atau terlalu keras juga jangan terlalu cepat kayak kaset rusak.
17. Tunjukkan bahwa anda berpengetahuan, berpotensi, bermotivasi dan perusahaan memang harus memilih anda. Kalau anda "telmi" bakal gatot. apa itu telmi ya..kayak no.14 diatas.
18. Bila anda di beri kesempatan untuk bertanya, bertanyalah secara elegan dan positif, misal pengembangan karir, pelatihan, benefit. Jangan bertanya masalah keluarga yang mewawancarai misal istrinya berapa, janda atau masih gadis (kaya lagu dangdut aza)..
19. Kalau sudah berakhir jangan lupa sampaikan bahwa anda sangat berharap diterima, jangan malah bilang saya berharap ditolak dan menyesal diwawancara disini, dengan muka masam dan ketus. Juga sampaikan terima kasih dan jangan lupa keluar melalui pintu yang disediakan, serta jangan bawa apapun barang milik pewawancara.
20. Jangan sampai anda katakan menyukai pewawancaranya pada pandangan pertama. Apalagi kalao anda sesama jenis..iih najis.
21. Sebenarnya TIPSnya masih banyak tapi aku pusing mikirkannya..jadi sementara kucukupkan disini.

Kolubi Arman

No comments: