Friday, July 24, 2009

MEMUJI ANAK

Seperti orang dewasa anakpun membutuhkan pujian yang mendidik, terarah dan bertanggungjawab dari orang-orang yang ia cintai atau orang-orang yang paling dekat disekelilingnya. Tentu saja Ayah atau Ibunya. Manusiawi sekali pujian…itu yang menerima tentu bangga dan senang bila dipuji, atas apa yang telah dilakukan dan ia merasa layak untuk menerimanya.
Cukup aneh bila orangtua jarang apalagi tidak pernah memuji anaknya sendiri. Pujian adalah bentuk kasih sayang, pujian adalah motivator, pujian adalah ungkapan positif dan bernilai ibadah jika iklas dilakukan, pujian adalah bentuk penghargaan, pujian adalah upaya membangun karakter positif anak. Coba ingat ketika kita menerima pujian dari orang-orang disekeliling kita; guru, teman, orang hebat, orang yang mencintai kita/orang yang kita cintai-kita senang sekali kan?, bahkan mungkin kita terlambat ngantuk karena pujian dan bisa melambungkan rasa ketempat yang lebih tinggi. Bayangkan pujian atas ketampanan, bayangkan pula pujian atas kecantikan waah bikin sulit tidur..bayangkan pujian atas prestasi hebat dan laur biasa kita…
Memuji adalah tindakan sederhana, kecil dan tidak perlu biaya apapun, namun akibatnya luar biasa, lakukanlah untuk anak anda sendiri. Jadi kenapa kita harus pelit untuk memuji anak kita sendiri yang telah melakukan serangkaian tindakan, sikap positif ala anak-anak. Cukup aneh jika anda selalu dan selalu memuji anak buah, atasan atau orang lain yang tidak ada hubungan talian darah dengan anda. Pujian juga layak kita sampaikan ketika anaka kita jujur dan bertanggungjawab. Contoh kata sederhana untuk memuji: Hebat, luar biasa dan akhiri terima kasih-(Hebat! anak ayah udah bantu ibu didapur, terima kasih ya..).
Dengan pujian buat anak kita sendiri, sesungguhnya kita memilki perhatian dan peduli, dengan pujian itu pula sebenarnya kita pandai mengungkapkan rasa bangga kita terhadap anak kita sendiri. Dengan itu terjadi hubungan yang begitu dekat dan terbuka antara orangtua dan anak. Anak akan merasakan hubungan dan lingkungan yang positif dan mengarah pada hal-hal yang baik. SEKALI LAGI MEMUJI TIDAK MEMERLUKAN BIAYA APAPUN.

No comments: