Thursday, July 5, 2012

BERSELERA MAKAN.

Makan adalah sesuatu yang sangat penting bagi manusia; untuk pertumbuhan, untuk menggantikan bagian-bagian tubuh yang bermasalah dan banyak lagi. Makan selalu dikaitkan dengan selera, orang yang berselera makan adalah sesuatu yang kita anggap baik dan positif serta sehat.

Tapi tahukah anda bahwa selera makan yang selama ini kita anggap hebat adalah yang makannya banyak dan makanan yang disediakan dia habisi disesi acara makan. Kita selama ini menganggap banyak makan, cepat dan serba habis itulah yang disebut berselera makan. Benarkah begitu?.

Jika kita merujuk pada sunnah Rasul Nabi Muhammad SAW, yang menyebutkan 'makanlah kamu sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang', maka itu bukanlah jenis berselera makan. Berselera makan itu tidak mesti banyak makan, cepat dan serba habis. Makan berselera adalah ketika apa yang telah kita ambil  kita mampu makan dan nikmati dan habiskan (tidak terbuang), walau tidak semua yang tersaji dimeja kita makan semua.

Kalau makannya banyak, cepat, dan menghabiskan semua apa yang ada disebut rakus, bukan berselera makan. Kita juga sering membandingkan orang berselera makan dengan orang tak berselera makan ketika ada orang sakit yang memang untuk makan saja sudah payah.

Jadi seharusnya berselera makan itu adalah sesuatu yang sehat, sehat secara jasmani maupun sehat secara ekonomi. Karena banyak kejadian orang sakit karena selera makannya yang tak terkendali dan biasanya akhirnya tidak berselera makan. Makan yang tak terkendali itulah pangkal gangguan kesehatan. Semoga bermanfaat.

No comments: