Friday, July 1, 2011

SIKAT GIGI MODEL INI CEPAT KOTOR

Sikat, zaman sekarang adalah alat utama untuk membersihkan gigi agar lebih sehat dan putih. Namun ketika saya masih kecil dikampung dulu sempat juga menggosok gigi dengan arang kayu yang sudah dihaluskan, bahkan diyakini bisa lebih utih itu gigi. Sebetulnya, zaman dulu banyak media lain yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi dan membuat gigi lebih sehat dan kuat, misalnya makan tebu, makan sirih, dengan benang, lidi, ranting kecil, tusuk gigi dan siwak yaitu sejenis tumbuhan yang bagian tengahnya memiliki banyak serat dan beraroma seledri dan agak pedas yang banyak tumbuh di Timur Tengah.

Seberapa lama waktu yang kita butuhkan untuk menggosok gigi. Banyak pendapat sekitar 2 sampai 3 menit untuk sekali menggosok gigi. Ada juga yang berpendapat waktu itu tidaklah begitu penting tapi seberapa sering kita menggosok dan membersihkan gigi dan apa yang kita makan. Kalo yang dimakan daging tentu berbeda jika jika makan puding misalnya. Jadi ingat cerita berikut, dulu ibu guru sering memeriksa gigi anak muridnya sebelum memulai pelajaran dipagi hari.

Ibu Guru "Budi kamu habis makan telur ya?, dan tidak menggosok gigimu hari ini".
Budi "Ibu salah, saya makan telur seminggu yang lalu!". Tenang saja menjawab guru.
Ibu Guru "Jadi kamu sudah seminggu tidak menggosok gigi?", Dengan nada marah.
Budi "Kayaknya siih, lupa-lupa ingat!!!". Sambil garuk kepala yang tak gatal.

Seiring dengan perkembangan zaman, sosial dan teknologi pembersih gigi yang disebut diatas semakin ditinggalkan, bahkan banyak yang sudah tak mengenalnya lagi, kecuali tusuk gigi. Kini zaman pakai sikat, sikat khusus untuk gigi. Berkat teknologi dan persaingan sikat gigipun semakin, canggih dan semakin beragam model dan bentuknya. Simaklah iklan di media masa terutama di televisi begitu banyaknya model, jenis dan bentuk sikat gigi yang katanya hasil teknologi moderen. Jika kita menyimak iklan menggosok gigi di televisi, pernahkah anda melihat adegan menggosok gigi itu pakai odol atau terlihat mulutnya berbuih putih?,..saya belum pernah.

Nah...saya ada beberapa kali beli dan pakai sebuah sikat gigi, yang modelnya bergerigi halus pada bagian pegangannya, baiknya bagian depan maupun pada bagian belakannya. Nah begian yang bergerigi ini mudah dan cepat sekali menghitam dan terlihat kotor (lihat gambar, sikat warna hijau), biasanya belum genap 3 bulan. Saya bandingkan dengan model yang tidak bergerigi halus (lihat gambar, sikat warna ungu) tidak mengalami penghitaman (usia pemakaian sama). Saya punya pengalaman dengan model sikat gigi bergerigi  halus ini sudah 3 kali dan semuanya mengalami penghitaman pada bagian gerigi halusnya sebelum 3 bulan. Saya sudah tidak mau lagi membeli model itu karena terlihat jorok, dan malas menggunakannya. Mungkin anda juga mengalaminya, semoga bermanfat.
Enhanced by Zemanta

No comments: