Tuesday, August 14, 2012

MEMILIH TEMAN/SAHABAT, HARUS!

Banyak orang beranggapan bahwa kalau bergaul tak boleh pilih-pilih. Maksudnya sama siapa saja boleh bergaul. Benarkah begitu?.

Bergaul dalam hal ini kaitannya dengan orang. Saya termasuk yang tidak sependapat jika dalam bergaul berteman, bersahabat kita tak boleh memilih-milih. Saya lebih cendrung berpendapat bahwa kita harus memilih-milih teman dan atau sahabat, kenapa?.

Ternyata, banyak hal di dunia ini memberikan pelajaran kepada kita. Contoh Allah SWT menciptakan API, panas bukan?, segala sesuatu yang berdekatan secara terus menerus dengan api akan ikut panas, sekuat-kuatnya sesuatu benda berdekatan secara terus menerus bisa ikut terbakar dan bahkan bisa berubah bentuk.

Begitu juga dinding atau tembok yang secara terus menerus terkena sinar matahari akan ikut panas bahkan bagian lain dari dinding yang tidak terkena sinar matahari langsung juga akan ikut panas. Lebih ekstrim lagi udara dalam suatu ruangan terimbas panas. Hanya sedikit bahkan jarang benda yang jika berdekatan dengan api tidak ikut panas.

Nah begitu juga dalam hal pertemanan dan bersahabat yang terus menerus terjadi interaksi kelama kelamaan akan saling mempengaruhi. Jika yang dibicarakan, yang dilakukan dan atau interaksi lainnya lebih banyak sisi negatifnya maka hal-hal negatiflah akan dominan dalam pertemanan, persahabatan itu. Misal kalau teman atau sahabat anda bandit, penjahat besar kemungkinan hal itu akan berimbas kepada anda setidaknya terlintas niat atau pola fikir bandit atau jahat. Simak jika dalam satu lingkungan kantor atau institusi para pegawainya suka korupsi maka karyawan baru yang baru masuk lama kelamaan akan terkontaminasi ikut-ikutan korupsi.

Namun sebaliknya jika yang dibicarakan, yang dilakukan lebih banyak sisi positifnya maka positiflah pertemanan, persahabatan itu. Misal kalau teman, sahabat anda seorang baik, positif maka anda juga akan ikut-ikutan positif.

Hanya sedikit orang yang tidak terpengaruhi oleh lingkungan tempatnya berinteraksi setiap harinya, dan itu termasuk orang langka, orang yang kuat berpegang teguh pada prinsip, namun kebanyakan manusia terpengaruh seperti API dan benda disekitarnya. Tulisan ini hanya sekedar mengingatkan bahwa dalam berteman, bergaul kita HARUS MEMILIH orang untuk kita jadikan sebagai teman atau sahabat. Tapi itu sangat tergantung pada anda sendiri, mau pilih model teman/sahabat. Semoga bermanfaat, Aamiin.

No comments: