Wednesday, August 1, 2012

ADAKAH ORANG BISA MENGERJAKAN DUA HAL BERBEDA DISAAT BERSAMAAN?.

Banyak orang mengakui kalau ia bisa 'MENGERJAKAN' dua hal berbeda pada saat bersamaan, Hebat bukan?. Para ilmuan lalu mencoba ingin membuktikan hal itu.

Ada seorang yang mengaku melakukan hal itu. Dibuatlah sebuah percobaan pada orang itu, Ia lalu diminta membawa atau mengendarai sebuah mobil dijalan lurus nan sepi. Ditelinga kiri kanannya ditempelkan sejenis 'earphone' alat dengar yang dihubungkan dengan operator.

Kepadanya sisukarelawan untuk menjalankan mobil sambil mendengar perintah dari operator. Ketika mobil sudah berjalah, operator meminta relawan menjawab penjumlahan angka-angka sederhana. Berjalan mulus, artinya dijawab dengan lancar dan mudah. Mobil terus berjalan operator tetap meminta relawan menjumlahkan angka-angka tertentu, kemudian para peneliti yang berada di mobil lain didepan sang relawan mulai menjatuhkan barang-barang dengan interval tertentu, sirelawan harus mengelak dari barang yang dijatuhkan itu.

Ketika itu mulai ada gangguan konsentrasi, ketika mobil  harus mengelak/menghindar dari barang yang dijatuhkan, sirelawan tak mampu menjawab penjumlahan angka yang diminta operator, meleset, lupa pada angka yang disebut operator bahkan tidak dijawab sama sekali. Masih ada beberapa percobaan lain. 

Memang sulit mengerjakan dua berbeda saat bersamaan misal; masak sambil mandi, atau sikat gigi sambil mencangkul/macul, menyapu sambil bersolek, lagi gali sumur juga fesbukan atau bb-an, baca koran juga ngerjain cabut gigi pasien. 

Dari hasil percobaan / penelitian tersebut membuktikan bahwa manusia tidak bisa MENGERJAAN sesuatu yang berbeda disaat yang bersamaan. Kalau ada yang mengaku bahwa ia bisa nyuci piring sambil mendengarkan musik, ternyata mendengarkan musik bukanlah sesuatu yang membutuhkan konsentrasi dari otak. Otak jika sudah terkonsentrasi pada satu hal, satu pekerjaan maka tidak akan mampu berkonsentrasi pada hal /pekerjaan lain.

No comments: