Tuesday, July 8, 2008

YAKINKAH ANDA

"Mendengarkan musik klasik kepada balita, bahkan sejak dalam kandungan diyakini dapat membantu perkembangan otak anak agar lebih cerdas dan perkembangan jiwanya lebih stabil".


Musik klasik yang dimaksud adalah musik yang kini jarang dikenal, jarang didengar, jarang dimainkan, jarang pula pencipta dan pengikutnya. Kita mengenal orang-orang yang mengusung aliran ini seperti Beethoven, Mozart. Musik klasik memang sangat merdu, indah serta menyentuh Qolbu. Dalam setiap permainan musik klasik hampir dipastikan terdiri dari berbagai alat musik dan banyak pula pemainnya biasanya (disebut ORKESTRA). Ada harmonisasi, ada kesepakatan, ada saling mengalah disana, artinya setiap pemain harus sepakat irama yang harus dimainkan. Bila ada pemain yang lebih hebat sekalipun, dia tidak boleh sesukahatinya bermain. Jika ada pemain yang kurang mahir atau sedang sakit maka akan mengganggu harmonisasi irama yang dihasilkan. Indah dan merdu memang.


Hingga kini belum ada yang memungkiri kalimat pembuka diatas, dampak memperdengarkan musik klasik pada balita atau janin, dan mungkin kita termasuk yang percaya akan hal itu. Sangat gencar kampanye akan hal itu dilakukan, melalui buku, majalah, dan media lainnya, "upaya mencuci otak kita" agar musik klasik kembali dinikmati, kembali populer dan tak terpinggirkan alias dilupakan orang. Upaya itu sepertinya harus dikenalkan sejak dalam kandungan atau sejak dini.


Saya tadinya sedikit percaya akan hal itu, namun sebagai seorang muslim saya lalu berfikir. Apa benar? dan apa lebih baik dari pada mendengarkan ayat-ayat suci AL Quran dan Sholawat kepada janin atau balita. Sayangnya juga upaya yang dilakukan oleh kaum muslimin tidak segencar serta sesistimatis apa yang dilakukan oleh kaum klasik. Saya sebagai muslim tentu harus yakin dan percaya bahwa mendengarkan Al Quran dan Sholawat hasilnya akan lebih baik bagi janin dan balita.


Sayapun belum mendengarkan atau memang saya yang kurang ilmu, MENEMUKAN ATAU MENDENGAR hasil penelitian ilmiah untuk mendukung keyakinan saya itu, misalnya ayat yang mana paling cocok, kapan waktu yang paling baik??...Saya hanya hakkul yakin karena Al Quran itu datangnya dari Allah SWT, YANG MAHA PENCIPTA, MAHA KASIH, PENYAYANG DAN MAHA SEGALA-GALANYA. Jadi keampuhan Al Quran dan Sholawat tak perlu diragukan lagi. Silahkan buktikan sendiri, ANDA tidak akan rugi bahkan berpahala.

No comments: