Tuesday, July 1, 2008

JANGAN STRESSS

Stephen Corey, seorang ahli manajemen stress. Pernah bertanya kepada siswanya sambil mengangkat sebuah gelas yang berisi air, seberapakah berat gelas ini menurut anda?.

Para siswanya ada yang menjawab 200 gr, 300 gr, bahkan ada yang menjawab 500 gr.

"Bukan masalah berat absolutnya, tapi seberapa lama anda memegang dan mengangkatnya. Jika anda mengangkatnya hanya satu menit, tentu tidak akan ada masalah, tentu sangat berbeda jika anda mengangkat/memegangnya selama satu jam, satu hari, satu minggu, satu bulan dan bahkan bila satu tahun. Beratnya sama, namun karena semakin lama kita angkat dan pegang, bebannya akan semakin berat, melelahkan, membebani. Bahkan bisa MEMATIKAN".


Lalu apa yang menarik dari hal diatas. Anda harus meletakkan gelas itu sejenak lalu mengangkatnya lagi jika diperlukan. Semua orang memiliki masalah sebagai bahagian dari kehidupan, masalah sekecil apapun kita tidak harus membawanya kemana-mana, karena sama dengan prinsip angkat dan pegang gelas diatas, akan semakin berat, melelahkan dan membebani. Masalah ditempat kerja tidak harus dibawa ke rumah, masalah di rumah tidak harus dibawa ke kantor. Jika harus diselesaikan esoknya, selesaikan esoknya. Jangan biarkan masalah yang anda hadapi dibawa kemana-mana.


Jangan biarkan anda terjebak, Hidup perlu dipermudah dan dinikmati. Tempatkanlah sesuatu sesuai pada tempat dan porsinya. Jangan rusak indahnya kehidupan oleh masalah kecil, atau anda hilangkan keceriaan KELUARGA, ANAK, ISTRI, KOLEGA karena anda terlihat sedang stress, murung dan sedang tak ingin diganggu karena anda sedang ada masalah. BETAPA EGOISNYA ANDA.


Bila itu anda lakukan dan menjadi kebiasaan sepanjang hidup anda, artinya anda menambah beban hidup, mengurangi hak bergairah, hak ceria anda dan orang-orang dikasih/terdekat. Ingatkah anda ketika bayi??!!!, Semua orang senang dan gemas melihat bayi karena bayi menyenangkan, lucu, dan bayi menangis sesuai kebutuhan, bayi memberitahukan sesuatu dengan tangisan. Anda jangan seperti bayi karena stress lalu memberitahukan kondisi / keinginan anda pada orang-orang sekitar anda dengan menangis. Kondisi ini sudah sangat membahayakan, bila itu terjadi berarti anda MEMPERSINGKAT MASA SEHAT, CERIA ANDA SENDIRI DAN ORANG-ORANG YANG ANDA KASIHI. Renungkanlah.


No comments: