Wednesday, May 21, 2014

JEMUR KASUR

Dulu waktu saya kecil di Dusun Banding Agung-Komering Ulu, dan saat di Aceh sekitar akhir tahun 70 an sampai tahun 80 akhir. Ada kebiasaan orang kampung kami yaitu menjemur kasur, bantal. Kebiasaan itupun ternyata saya jumpai juga semasa di Aceh dulu. Mengapa mereka menjemur kasur dan Bantal. Dulu isi kasur dan bantal dari kapuk, mudah kempis, dan mudah pula lembab. Untuk mengeringkan dan mengembalikan kondisi kasur maka dijemurlah kasur dan bantal, selain itu dengan menjemur bauk tak enak dari kasur bisa hilang. Bahkan dahulu ada alat khusus terbuat dari rotan untuk menepuk-nepuk kasur atau bantal yang sedang dijemur, tujuan menepuk-nepuk supaya debu yang menempel lepas.

Zaman sekarang sudah jarang kita menemukan orang menjemur kasur. Selain karena bahan, dan isi serta teknologi kasur yang tidak perlu dijemur, juga karena rumah-rumah zaman sekarang tidak seluas dikampung, ada tempat yang cukup untuk menjemur kasur, selain itu berkat kemajuan teknologi, kasur yang biasa basah karena anak ngompol sudah dapat diatasi. Padahal menurut sebuah penelitian ada manfaat menjemur kasur selain agar kering dan tidak lembab.

Kutu atau kuman pada kasur atau karpet memang bisa mati dengan cara dijemur, namun tidak cukup efektif untuk terhindar dari reaksi alergi yang ditimbulkannya. Seperti dikutip dari ABC Australia, kutu dan kuman merupakan salah satu pemicu gejala alergi paling umum. Kutu, seperti halnya hewan lainnya mengeluarkan kotoran, cairan juga beberapa bagian tubuhnya terdapat sejenis protein yang bisa menimbulkan alergi. Peneliti tentang alergi Dr Euan Tovey dari Sydney University pun menyatakan, cara tersebut bukan satu-satunya solusi untuk membersihkan perangkat rumah Anda dari debu dan kuman secara total.

Kebiasaan menjemur kasur, patut diteruskan karena manfaatnya ada untuk membunuh kutu ata kuman yan menempel atau bersarang di kasur atau bantal.


No comments: