Thursday, May 24, 2012

TANPA SEKOLAH DAPAT GELAR Phd, mau??.

Sebelum menjelaskan maksud judul itu saya hendak cerita tentang kalimat; "Tempat Peristirahatan Terkahir". Tentu saja kita sudah sering mendengar kalimat itu, kalimat ini biasanya berkaitan dengan wafat atau meninggalnya seseorang lalu dikubur, maka kuburan itu disebut TEMPAT PERISTIRAHATAN.

Peristirahatan berasal dari kata ISTIRAHAT, yang artinya melepas lelah, ketegangan, kepenatan, kelelahan, kecapaian, kelesuan, dan atau juga untuk mendinginkan. Tentu saja setelah beristirahat kita berharap badan menjadi segar, bugar, bergairah, kuat dan atau tidak panas lagi. 

Itu pula yang kita asosiasikan atau kita harapkan/doakan bagi orang yang wafat, meninggal ketika dikubur itu adalah tempat peristirahatannya yang terakhir karena selama di dunia yang fana ini sangat-sangat melelahkan, tegang, penat, padas, bahkan terkadang terasa gelap, sempit dan menyesakkan.

Tapi benarkah orang yang dikubur itu benar-benar istirahat???, jangan-jangan malah lebih capek, lebih tegang, lebih berkeringat, lebih gelap, lebih sesak dan ingin kembali ke dunia lagi. Kenapa? karena selama hidupnya tanpa sekolah dapat Gelar Ph.D. Apa pula itu?

Gelar ini didapat karena selama hidupnya menjadi; PENIPU, HASUT dan DENGKI. Ya Allah lindungilah dan jauhkanlah aku, istriku, anak-anaku, keluargaku dari sifat-sifat seperti itu. Aku tentu saja tak ingin mendapatkan gelar Ph.D. Semoga bermanfaat, amiin.



No comments: