Sunday, May 13, 2012

JENIS DOSA MANUSIA LEBIH BANYAK DARI SETAN?.

Golongan dosa manusia itu cuma ada dua; kepada Allah, SWT, dan dosa kepada sesama manusia. Na... dari dua inilah bermunculan berjenis-jenis dosa, dosa karena kesalahan panca Indra (mata, lidah&mulut, telinga, hidung) dosa karena anggota tubuh lainnya, hati, tangan, kaki, fikiran, perut. Bahkan hampir setiap waktu manusia berdosa, dan rasanya zaman sekarang tidak ada manusia yang tidak berdosa.

Sungguh berat perjuangan manusia agar terhindar dari perbuatan dosa dan berat pula untuk terus menerus harus menyadari kesalahan, kekilafannya lalu memohon ampunan atau meminta maaf, setelah itu. Orang baik bukanlah orang yang tanpa dosa tapi orang yang menyadari kesalahannya lalu memohon ampunan kepada Allah SWT, atau meminta maaf kepada manusia lainnya, itulah yang disebut orang baik.

Coba simak Iblis, setan  sebagai biang kerok manusia berdosa. Dosa mereka sepertinya hanya satu yaitu 'KESOMBONGAN' / pembangkangan ketika tidak mau diperintahkan sujud kepada Nabi Adam as, ia menolaknya. Lalu ia diperintahkan keluar dari syurga. Kemudian ia meminta izin untuk menggoda Manusia agar ia punya kawan di NERAKA. Lalu Allah SWT berkenan dengan itu, artinya Iblis / Setan tidak berdosa jika menggoda, menyesatkan manusia sebanyak-banyaknya. Tugasnya memang untuk itu (sudah diperkenankan), jadi 'menggoda atau menyesatkan' manusia itu bukan dosa bagi Iblis/setan. 

Justru Manusialah yang berdosa jika tergoda atau tersesat, atau mengikuti hawa nafsunya, tidak menggunakan akal fikiran serta hati nuraninya. Nah Silahkan mau ikut SETAN  ke Neraka atau tidak. Atau pilih ke Syurga, cuma dua pilihan. Manusia telah diberi akal untuk menangkis semua godaan, maka pergunakanlah akal itu. Semoga menjadi renungan dan bermanfaat. Amiin.

No comments: