Monday, May 21, 2012

MEMBONSAI ISLAM.


Pernah dengan kalimat itu dan memahami apa maksudnya?. Sekedar untuk mengingatkan kembali dan atau memberi pencerahan. Bonsai adalah pohon atau tanaman yang dikerdilkan dengan cara ditanam dalam media / pot yang dangkal, sehingga hanya berukuran beberapa sentimeter saja. Padahal di alam bebas tanaman tersebut berukuran besar dan tinggi.

Lalu apa kaitannya dengan Islam?, yaitu serangkaian kegiatan, tingkah laku, pola fikir kita yang membonsai Islam padahal Islam itu besar, menyangkut semua aspek kehidupan, tingkah laku, perbuatan kita sehari-hari, Islam sangat mulia dan luhur. Seperti apa orang membonsai Islam?.
Kita tidak lagi merasa ajaran Islam maupun sunnah Nabi Muhammad SAW harus dilakukan, dipraktekkan. Entah apa sebabnya?, mungkin karena kekurangan paham kita tentang Islam atau Islam kita anggap ketinggalan zaman. Kita mengurangi atau mencoba menghilangkan sebahagian ajaran Islam atau sunnah Rasul.

Misalnya kita terkadang tidak perlu lagi merasa perlu mengucapkan salam ala Islam baik dalam keseharian (bertemu dengan teman, kerabat) atau dalam pembicaraan resmi (rapat,seminar), padahal jelas sebahagian besar pesertanya orang Islam. Ini membonsai Islam.

Kita merasa dan berfikir  tidak perlu lagi berpakaian ala Islam (menutup aurat), padahal Islam menyuruh kita menutup aurat, kini orang malah mengumbar aurat; ke pasar, ke mal, ke warung, ke pelabuhan, ke manapun kita pergi kita tidak lagi peduli bahwa agama Islam yang kita peluk melarang itu. Ini membonsai Islam.

Laki-laki bertingkah laku seperti perempuan atau sebaliknya, atau pria berpakaian perempuan atau sebaliknya, kini tidak lagi aneh, sesuatu yang lumrah/biasa, lesbian perempuan penyuka perempuan dan homo laki-laki penyuka laki-laki, kini juga bukanlah hal aneh dan menjijikkan, padahal islam jelas mengutuk dan melarang, bahkan sudah ada kaum yang dimusnahkan.

Menggosip jelas dilarang Islam, tapi kini menggosip adalah sebuah industri tontonan yang menghibur dan menyenangkan sehingga kita sudah tak mempermasalahkan lagi bahwa menggosip itu dilarang. Kita semakin liberal-semakin bebas sebebasnya dan ikut membonsai Islam. Terkadang kita memuja dan merasa mendapat inspirasi, pencerahan dari orang-orang liberal lagi sesat dan tolol serta dimurkai Allah SWT. Kita menganggap semua agama adalah sama, semua agama itu baik?, betulkah itu???!!.  Masih banyak contoh-contoh sikap, cara berfikir kita yang yang membonsai Islam. Percayalah hal itu tidak merugikan Islam tapi yang rugi adalah yang membonsai Islam. Semoga bermanfaat.

No comments: