Wednesday, March 20, 2013

SUNGGUH HOBBY ITU BISA MELALAIKAN.

Kebetulan saya punya teman dan tetangga yang punya 'hobby'. Masing-masing punya hobby mancing, pelihara ayam, dan kucing, maaf ini hanya contoh. Punya hobby tidak dilarang, bahkan dianjurkan agar bisa menyeimbangkan kegiatan, punya hobby bisa menyehatkan tubuh, punya hobby bisa menghasilkan duit, punya hobby bisa meningkatkan persaudaraan, menambah teman dan banyak lagi.

Tapi bagaimana kalau hobby bisa sangat menyita waktu, sehingga melalaikan. Kok bisa?,....dan bagaimana ceritanya bisa seperti itu?.

Mancing bagi yang hobby, memang sangat asyik, panas, lumpur, tergores, terpeleset, tercebur dan basah bukan halangan, bahkan kata mereka itulah asyiknya mancing, semua itu akan terbayar jika berhasil mendapatkan ikan. Begitu hobby, memancing bisa tak mengenal waktu, kapan saja, dimana saja, bahkan berapapun biaya untuk yang namanya hobby, bisa keluar berapapun dan kapanpun. Lagi mancing tak ingat waktu, tak ingat keluarga, istri, anak dan ibadah. Saat narik ikan lupa segalanya, karena itulah gairahnya mancing.

Yang hobby pelihara ayam lain lagi, ayam bangkok. Ini jenis ayam unggulan, lebih kuat dan lebih besar ukurannya dari ayam kampung. Entah mengapa penyuka ayam jenis ini sangat banyak. Penggila ayam bangkok ini juga kalau sudah lagi asyik, juga tak kenal waktu. Si Bapak pemilik ayam ini bisa memandikan, merawat dan memberikan makan secara teratur sementara si Bapak tak pernah mau sudi memandikan anaknya sendiri. Kalau lagi acara laga ayam, suara azan memanggil untuk menegakkan sholat tak terdengar oleh telinganya, karena teriakan para penonton?.

Yang hobby memelihara kucing lain lagi, berapapun harga kucing ia beli, makanan sikucing, asesorisnya, tempat buang hajat sikucingpun dibelikan. Sikucing karena mahal harus rajin kedokter hewan, harus rajin ke 'salon' khusus kucing. Si pemilik rela bermain berjam-jam dengan si kucing, tak bosan-bosan, dan memang mengasyikkan, semua kebutuhan hewan peliharaan disediakan?.  Namun pemilik kucing marah sekali kalau anak kandungnyanya mengajak bapak / ibunya terus menerus, atau meminta ini dan itu. padahal si hewan peliharaan tidak pernah meminta apapun.

Kalau sudah hobby memang terkadang sulit dicerna akal sehat. Ini cerita beberapa jenis hobby yang mengasyikkan, sebetulnya masih banyak sekali jenis-jenis hobby yang sangat menantang dan asyik serta melalaikan.

Apa yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini punya hobby tidak dilarang, malah dianjurkan tapi jangan sampai karena hobby itu menjadi lalai menunaikan kewajiban dan perhatian, kasih sayang anda pada hobby itu melebihi kepada keluarga, istri, anak. Dan lebih salah lagi jika anda seorang muslim perhatian, kecintaan anda pada hobby itu melebihi rasa perhatian dan cinta kepada Allah SWT dan Rasul Nabi Muhammad SAW. Tidak bermaksud menyinggung, semoga bermnafaat. Aamiin.

No comments: