Friday, March 27, 2009

MANAJEMEN STRESSSS.

Seorang Ahli Manajemen Stress, Stephen Corey, bertanya kepada siswanya sambil mengangkat gelas yang berisi air”seberapa berat menurut anda gelas ini?”.

Para siswa ada yang menjawab 200 gr, 500 gr, 300 gr dsb.
“Bukan masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama anda memegang dan mengangkatnya, jika kita mengangkatnya hanya satu menit, tentu tak ada masalah, akan berbeda bila kita pegang dan angkat satu jam, apalagi jika satu hari, satu bulan dan bahkan bila satu tahun” Beratnya sama, namun karena semakin lama kita pegang dan angkat, bebannya akan semakin berat dan melelahkan, BAHKAN BISA MEMATIKAN!.

Apa yang menarik dari pelajaran itu, ANDA harus melatakkan gelas itu sejenak lalu mengangkatnya kembali. Nah jika kita memiliki MASALAH sekecil apapun kita tidak harus membawanya kemana-mana. Masalah kantor tidak harus dibawa kerumah. Masalah di Rumah tidak harus dibawa kekantor. Tinggalkan beban / masalah itu, jika akan pulang kerumah, atau hendak berangkat ke kantor, jika harus diselesaikan hari berikutnya maka ambilah diesok harinya DAN SELESAIKAN. Jangan biarkan masalah yang anda hadapi membebani punggung dan hati serta perasaan anda setiap hari.

Jangan biarkan diri anda terjebak. HIDUP ini perlu DINIKMATI dan TEMPATKANLAH SESUATU SESUAI PADA TEMPAT DAN PORSINYA . Jangan rusak indahnya kehidupan anda oleh masalah kecil ditempat lain. Atau anda hilangkan keceriaan KELUARGA, ANAK, ISTRI karena anda terlihat sedang stress, murung dan sedang tidak boleh diganggu karena alasan sedang ada masalah diperusahaan. BETAPA EGOISNYA ANDA.

Bila anda lakukan itu terus menerus, artinya anda menambah beban hidup, mengurangi gairah dan keceriaan. Ingatkah anda ketika bayi??. Semua orang senang dan gemas melihatnya karena bayi menyenangkan, lucu DAN MENANGIS SESUAI KEBUTUHAN. Tapi jangan karena anda STRESS, anda menjadi seperti bayi yang hanya pandai MENANGIS untuk memberitahukan kondisi atau keinginan anda, kondisi itu dalam taraf membahayakan anda. Bila itu terjadi pada anda berarti MEMPERSINGKAT MASA SEHAT ANDA SENDIRI. ALLAH tidak menghendaki kesengsaraan tapi manusialah yang membuat kesengsaraan.

RENUNGKANLAH. UNTUK ANDA AMALKAN.


KOLUBI ARMAN

No comments: