Wednesday, January 20, 2016

Berkat DOA, dapat roti gratis pagi dan petang.

Beberapa hari lalu saya menyaksikan siaran TV dengan nama acaranya Khasanah, Pagi sekitar pukul 06 lewat. Saya memang sering mengikuti acara itu karena apa yang dibahas sangat menarik. Kali itu tentang DOA. Dalam pembahasan jika kita berdoa diharuskan berhati-hati dan tidak perlu terlalu detail. Misal ingin jodoh disebut secara detail, tingginya 175 cm, hidung mancung, rambut lurus, kulit putih, mulus, penghasilan per bulan dollar.

Dikisahkan ada seorang lelaki berdoa kepada Tuhan  agar diberi roti disetiap pagi dan petang, sehingga ia tidak perlu susah payah dalam mencari makanan untuk memenuhi kebutuhan akan makanannya dan menurutnya permintaan itu juga cukup sederhana, tidak mewah dan tidak pula mahal.

Waktupun berlalu, entah bagaimana si lelaki mendapat musibah, sehingga ia masuk penjara. Apa yang terjadi kemudian. Akhirnya doa si lelaki di kabulkan, ia mendapatkan makanan yaitu berupa sepotong roti di pagi hari dan sepotong lagi di petang hari. Pihak penjara menyediakan hal itu dan ia pun tanpa harus bersusah payah dalam mendapatkan roti. 

Pagi tadi ketika saya berolah raga jalan santai ditaman, bertemu dengan tetangga yang juga biasa jalan santai disana. Ia lalu bercerita bahwa ada seseorang ketika masih muda ingin sekali memiliki rumah besar, fasilitas lengkap, tiap kamar memiliki kamar mandi sendiri, TV sendiri, dan fasilitas lain yang serba waaaaah dan mewah demi menyenangkan istri, anak-anak dan keluarga. Waktupun berjalan doanyapun terkabul. Ia memiliki rumah besar, fasilitas mewah, lengkap, anak-anaknya memiliki kamar sendiri-sendiri juga dengan fasilitas yang lengkap, TV, laptop, internet, hp pintar dan seterusnya.

Seiring waktu berjalan, dengan kesibukan dan aktifitas masing-masing, sesama anggota keluarga mejadi terasing, sibuk, tidak punya waktu untuk keluarga dan kebersamaan. Komunikasi, kehangatan keluarga menjadi sesuatu yang langka, tegur sapa menjadi langka sesama mereka, hampir tidak ada waktu untuk bertemu dan berkumpul. Anak-anaknya sibuk di kamar masing-masing, makan pun terkadang tidak dirumah. Si lelaki menyadari rumah besar dengan fasilitas yang lengkap dan mewah tidak membuatnya bahagia dan bahagia di hari tua. Banyak terasa yang tidak lengkap.

Inilah doa. Terkadang doa akan dikabulkan namun jika anda tidak berhati-hati dengan doa yang anda panjatkan maka bisa menimbulkan masalah. Anda minta kaya raya dapat dikabulkan tapi dengan kekayaan itu anda jadi sombong, tidak punya waktu untuk bersosial dengan masyarakat. Anda minta dijadikan orang pintar, dikabulkan tapi dengan kepintaran itu memintar-mintari orang. aatu anda pintar hanya untuk mencari kekurangan, kelemahan orang lain. Anda minta berkuasa tapi dengan kekuasaan yang telah ada gapai  menjadikan anda seorang koruptor, tukang maling uang rakyat.

Berdoalah dengan yang sederhana, dan umum Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga bermanfaat.

No comments: