Thursday, November 27, 2014

INGIN MELAWAN PENUAAN, BISAKAH?.

Sudah sejak zaman dahulu (Mesir Kuno. Tingkok Kuno, Eropah bahkan Arab Kuno) banyak manusia ingin selalu muda bahkan ingin hidup abadi. Untuk itu  banyak para ilmuwan yang memutar otak dengan menciptakan teknologi yang mampu membuat manusia lebih panjang umur dan bahkan terlihat awet muda awet hidup abadi. Mengutip laman Business Insider, Rabu (12/11/2014), berikut 5 teknologi masa depan yang diklaim para ilmuwan dapat membuat manusia awet muda dan panjang umur. beberapa diantaranya; Modifikasi genetika atau juga dengan sistem 'menguploaded ulang otak manusia',

Cryonic merupakan teknik pembekuan mayat agar selnya tidak rusak, sehingga bisa dibangkitkan lagi suatu saat nanti. Penemunya adalah Robert Ettinger, yang kini sudah meninggal dunia dan menjadi pasien ke-106 yang memanfaatkan teknologi ini. Teknik cryonic adalah dengan cara mensirkulasi darah dan pernapasan secara artifisial yang dikembalikan dan serangkaian obat yang diberikan untuk melindungi otak dari kekurangan oksigen.

Akhir tahun lalu 2013 Google membentuk sebuah perusahaan bioteknologi yang disebut Calico, yang secara khusus fokus untuk membuat karya anti-penuaan. Calico adalah salah satu divisi bisnis milik Google yang berfokus pada kesehatan dan kelangsungan hidup manusia, khususnya dalam hal penuaan dan penyakit. Tak tanggung-tanggung, banyak pihak yang beranggapan investasi baru ini merupakan langkah Google dalam 'menyaingi' Tuhan dengan 'mengakali' waktu kematian seseorang. 

Seperti halnya kelahiran, ada dari sesuatu yang tadinya tidak ada, kematian juga merupakan takdir. Kehidupan seseorang adalah sesuatu yang ditakdirkan kepadanya; sama halnya dengan kelahiran dan kematiannya, yang dilakukan seumur hidupnya juga berada di bawah kontrol Allah SWT. Penuaan itu sendiri tidak dapat dihindari dari setiap manusia dengan cara apapun. Baik mungkin karena pembelahan sel atau faktor genetik, tidak ada seorang pun yang mampu melawan penuaan. Walaupun penelitian anti-penuaan memberikan kontribusi penuaan yang cukup lambat dan dapat memberikan beberapa jalan keluar untuk masalah yang berhubungan dengan penuaan, tidak ada jalan keluar pasti untuk penuaan. Di dalam Alqur’an Allah SWT menjelaskan waktu antara kelahiran dan kematian sebagai berikut : 
Dialah yang menciptakanmu dari tanah, kemudian dari setetes mani, lalu dari segumpal darah, kemudian kamu dilahirkan sebagai seorang anak, kemudian dibiarkan kamu sampai dewasa, lalu menjadi tua. Tetapi di antara kamu ada yang dimatikan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) agar kamu sampai kepada kurun waktu yang ditentukan, agar kamu mengerti. (Surat Al-Mu’min : 67).
 Semoga bermanfaat. aamiin

No comments: