Monday, December 23, 2013

KAMAR HOTEL BINTANG 5 VS KAMAR HOTEL KELAS KANDANG KAMBING

Pernah menginap dan merasakan kamar hotel bintang 5, atau hotel mewah?. Yang pernah tentu bisa membayangkan betapa enak, sejuk, nyamannya menginap di hotel seperti itu. Dimanjakan, lahir dan batin, benar-benar merasa puas, tenang, bahagia, betah dan tentu saja karena itu ingin menginap lagi. 

Apa yang membuat sebuah hotel digolongkan berbintang 1, 2, 3, 4 ,5 dan super mewah. Hotel bisa digolongkan berbintang atau berkelas berdasarkan beberapa hal. Seperti jumlah kamar, air yang tersedia (bersih, panas dingin), listrik, lift, alat keamanan (api, alarm, CCTV), plus fasilitas-fasilitas lainnya seperti fitnes, musik, kolam, penyejuk udara, restoran / makanan serba ada, fasilitas antar jemput, belanja dan seterusnya.

Fasilitas super mewah sebuah hotel bisa lebih dari itu, misalnya ada helipad pribadi, kaca anti peluru, ada hutan tropisnya, ada air terjunnya, pemandangan keluarnya indah, ruangannya tidak cukup kamar tapi ada ruangan-ruangan lainnya seperti ruang santai, ruang makan, ruang bisnis/rapat, kolam pribadi, ruang kebugaran tersendiri, berikut interior dan asesorisnya yang luar biasa mewah dan mahal, ada yang bertarif 50.000 $ US per malam. Benar-benar syurga.

Lalu kalau kamar kelas kandang kambing seperti apa?. Mudah saja membayangkannya lawan dari hotel berbintang 5 atau super mewah. Tidak enak, tidak sejuk, tidak nyaman karena airnya mati hidup, keruh, bau, berwarna tidak ada kamar mandinya. Listriknya juga tidak ada alias gelap, banyak tikus, kutu, banyak nyamuk, udaranya busuk,  pengap, kadang bau pesing, kasurnya tak empuk, kotor, speraynya gak pernah dicuci/ diganti, musiknya adalah teriakan-teriakan orang sakit, orang mabok dan sakau. Dinding kamarnya kotor bolong-bolong sehingga orang boleh melihat siapa didalam, jendelanya tidak ada. Suasananya menakutkan, menyebalkan, sehingga menyesal telah terdampar / menginap disitu.

Kalau soal diminta memilih. Saya kira semua orang akan memilih hotel berbintang walau harus membayar lebih. Tidak ada yang akan memilih kamar hotel kelas kandang kambing walau gratis alias tanpa bayar. Kenapa karena menakutkan, tidak nyaman, tidak membahagiakan, tidak memuaskan, dan kita benar-benar merasa tersiksa, mana lagi petugas / pegawai hotelnya mukanya seram, tidak bersahabat, tidak peduli, kasar dan kalau ngomong membentak-bentak.

Nah.... coba bayangkan kalau perumpamaan pilihan hotel itu, seperti Syurga dan Neraka. Hotel berbintang atau mewah adalah syurga dan hotel kelas kandang kambing adalah neraka. Kita akan pilih syurga bukan, bukan neraka. Logika sederhananya walau mahal dan penuh pengorbanan, perjuangan berat maka kita akan pilih syurga, karena apa?. Karena enak, nyaman, tenang, memuaskan, membahagiakan. 

Namun sayang masih ada yang tidak mampu menentukan pilihan, padahal pilihannya cuma dua. Masih banyak juga yang tidak peduli ia menginap dimana?, ruangnya seperti apa?. Masih banyak juga yang lalai dan tidak menghiraukan ajakan untuk memilih. Kenapa harus memilih, ya harus... dengan memilih anda sendiri menentukan kamar tempat anda menetap abadi kelak. Yang tidak memilih, mungkin karena tidak percaya (silahkan coba), menganggap masih muda (padahal yang mudapun butuh suasana yang seperti kamar hotel bintang 5 atau yang super mewah), atau mungkin memang sudah tertutup mata hatinya.

Nah...kepada anda silahkan memilih dan jangan sampai menyesal. Kamar mewah yang enak, nyaman, sejuk, memuaskan, membahagiakan serta dilengkapi fasilitas super lengkap. Atau kamar kelas kandang kambing ya ampun....menyengsarakan tersiksa.

Semoga bermanfaat untuk saya, keluargaku, dan siapapun yang membacanya. Aamiin.

No comments: