Friday, August 12, 2016

ADAKAH YANG UNTUNG DALAM KASUS RACUN SIANIDA

Siapakah Mirna korban racun sianida? dan siapakah Jessica "terdakwa kasus racun sianida?", Apakah mereka anak pejabat, apakah mereka anak orang terkenal dan penting, ataukah mereka anak-anak orang superkaya?. Mengapa kasus racun sianida ini begitu menyita dan mengambil perhatian masyarakat luas, bahkan ada beberapa media (baca TV lokal) yang secara khusus melakukan siaran langsung persidangan kasus tersebut dan bahkan secara berulang-ulang membahas kasus tersebut dari berbagai sudut dan berbagai nara sumber.

Saya kira keduanya baru terkenal / diketahui sejak kasus ini terjadi, artinya sebelum kasus itu terjadi mereka bukanlah orang terkenal / bukan siapa-siapa. Tapi sekali lagi mengapa kasus ini begitu menyita perhatian, lalu apa kepentingan media dalam hal ini terus menerus mengangkat / memberitakannya dan sepertinya media berhasil menggiring perhatian dan opini masyarakat terhadap kasus ini.

Saya kira sejak awal pihak media sudah mencium/mengetahui bahwa kasus racun sianida ini sangat sulit untuk dibuktikan. Kasus serupa ini juga sangat langka, inilah yang ditangkap sebagai peluang bagi media. Sebagai berita untuk meningkatkan penonton juga 'untuk meningkatkan pendapatan". Maka dengan berbagai cara kasus ini dikemas untuk ditampilkan di televisi. Kalau kasus ini sejak awal dapat dibuktikan secara sah dan meyakinkan pelakunya, maka kasus ini bukanlah kasus yang menarik.

Sebuah acara akan disebut sukses jika banyak penonton dan banyak iklannya, tidak peduli apakah itu kelak menimbulkan gelombang protes dari masyarakat dan mendapat teguran dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Untuk kasus Racun sianida ini kalau kita boleh bertanya, apa manfaatnya kasus ini terus menerus ditayangkan bahkan siaran langsung dipengadilan bagi kita atau masyarakat luas. Saya kira tak banyak manfaatnya bagi kita semua, masih banyak kasus-kasus lain di negeri ini yang lebih patut diberitakan yang merugikan masyarakat, patut direnungkan, patut menjadi perhatian atau patut di contoh / sebagai inspirasi.

Keberhasilan media dalam mengambil perhatian dan opini masyarakat, telah membuat pihak-pihak tertentu dapat mengambil keuntungan, siapakah mereka...Na...setiap acara tentu ada sponsornya...tapi....entahlah.

No comments: