Kata UNTUK samakah artinya dengan Kata MEMBUAT?

Sebahagian orang akan menjawab TIDAK SAMA. Inilah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) untuk1/un·tuk/ p 1 kata depan untuk menyatakan bagi ...; bagian: ini -- ku, yang itu -- mu; 2 sebab atau alasan: -- kesalahan itu, ia dihukum dua tahun; -- semua itu, ia mau berkorban; 3 tujuan atau maksud; bagi: lemari -- (menyimpan) pakaian; pakaian -- segala usia; 4 penggantian (sebagai ganti ...); (disediakan, dipergunakan, dipakai) sebagai ...: peti itu dipakai -- meja makan; diberi pisau -- senjata; 5 selama: -- beberapa bulan ia terpaksa istirahat di rumah sakit6 sudah: -- ketiga kalinya saya memperingatkan.

Sedangkab kata membuat/mem·bu·at/ v 1 menciptakan (menjadikan, menghasilkan); membikin: manusia - berita, tetapi berita pun membentuk manusia2 melakukan; mengerjakan: terserah kepada Anda bagaimana caranya - lukisan itu3 menggunakan (untuk); memakai (untuk): sanggupkah engkau - uang sekian untuk belanja sebulan?; 4 menyebabkan; mendatangkan: engkau - aku takut; sikapnya yang kurang sopan itu - orang lain sakit hati;

Mengapa saya menulis hal itu, saya sering kali merasa heran dengan beberapa bunyi iklan produk shampo, pemutih kulit, pasta gigi, dan produk untuk ketiak. kira-kira seperti berikut bunyinya.

"Untuk rambut hitam, lembut dan berkilau".
"Untuk kulit putih dan halus".
"Untuk ketiak yang lebih cerah dan bersih".
'Untuk gigi putih dan berseri".

Kalau kita simak kalimat-kalimat iklan dari produk-produk itu, seolah akan membuat rambut menjadi hitam, lembut dan berkilau. seolah produk itu akan membuat kulit yang katanya gelap menjadi putih dan halus. Membuat ketiak menjadi putih dan halus. Membuat gigi menjadi putih dan berseri. Kalau memang bisa membuat kulit menjadi putih, kenapa bintangnya iklannya orang yang memang sudah berkulit putih, bukan maaf orang-orang yang berkulit hitam (bukan kulit gelap). Coba buktikan berkulit hitam legam setelah memakai produk itu menjadi putih dan bersih. 

Tapi kemudian iklan-iklan tersebut ditutup dengan Kalimat seperti diatas dimulai dengan kata 'UNTUK'. Artinya produk itu menyatakan "UNTUK/ BAGI", rambut yang sudah hitam, sudah sudah berkilau. Untuk kulit yang sudah putih, Untuk kulit yang sudah halus, untuk ketiak yang sudah cerah dan bersih, dan Untuk gigi yang sudah putih. Karena penempatan kata "UNTUK" di depan kalimat atau sebagai kata depan, maka artinya bukan untuk 'membuat atau menjadikan'. Tapi berarti "bagi".

Jadi jangan heran jika produk-produk itu bukan seperti yang anda harapkan. Kita paling bisa menghibur dengan kalimat "Namanya juga Iklan". Patut diwaspadai dan patut berhati-hati, banyak orang sudah terkecoh oleh iklan. Banyak calon jamaah Umrah yang terkecoh karena iklan. Semoga bermanfaat. aamiin.


Comments

Popular posts from this blog

DARAH QURBAN SAPI UNTUK OBAT TELAPAK KAKI

KERAJAAN SRIWIJAYA; Minimnya Informasi.

Obat Gangguan Telinga.