Tuesday, January 3, 2012

HANYA ADA DI BATAM; HP Kaki Lima.

Dalam beberapa kategori sebenarnya HP, termasuk barang mewah, mengapa digolongkan barang mewah?,  Bukankah HP sekarang sudah menjadi kebutuhan hampir semua orang, bahkan satu orang bisa memiliki beberapa buah HP, jadi HP tidak tergolong barang mewah lagi. 

Berkat kemajuan teknologi, sebuah produk HP kini tidak sekedar untuk berbicara atau menelpon saja, tapi sudah lebih dari itu seperti, juga berfungsi untuk internet, video, memotret dan layar sentuh. Penampilan fisik HPpun semakin indah, menawah, ringan, tipis dengan warna-warna yang menarik pula, tentu harganyapun selangit. Oleh sebab itu para penjual HP seperti itu tidak ingin meletakkan HPnya sembarangan, diletakkan pada etalase kaca agar keamanannya terkontrol. Bedakan dengan HP masa sebelum tahun 2005 yang kemampuannya terbatas, layarnya, suaranyapun masih mono. masih hitam putih.

Namun secanggih apapun HP, cukup mudah tercecer, hilang dan dicuri orang, para penjual HP sangat berhati-hati agar tidak dicuri atau agar HP tetap berkesan mahal dan berkelas, sehingga dibeberapa tempat HP tidak boleh dijual sembarangan tempat. Tapi harus dipercaya kalau di Batam HP dijual di kali lima,.. ya kaki lima, atau lapak-lapak berukuran 1 meter x 80 cm. HP-HP yang dijual itu dari berbagai merek terkenal, walaupun sebahagian besar merupakan HP model lama dan bekas pakai. Kita bisa menemukan dengan mudah HP buatan China, sangat baru dan masih dalam kotak banyak dijual di kaki lima itu. Seperti merek Nokia model N8 dan N9 hanya dibandrol antara 500 ribu rupiah hingga 600 ribu rupiah, Blackberry terbaru, Iphone terbaru juga tak jauh harganya dari itu.

Jika anda beruntung anda bisa mendapatkan HP asli berbagai merek, dengan harga yang sangat miring. Biasanya HP seperti itu disebut 'black market', semuanya lengkap hanya tidak memiliki jaminan.  Konon itu adalah hasil permainan para penjual dengan pihak aparat. Makanya jika anda hendak berbelanja HP di Batam jangan lupa menanyakan 'ASLI' atau 'Tidak' kepada penjual agar anda tidak tertipu, perhatikan pula atau telitilah apakah rekondisi (kulitnya saja yang baru, dalam barang lama alias rongsokan).


Beberapa lokasi HP kaki lima di Batam seperti di Jodoh Pasar Kaget Pagi hari depan Ramayana yang biasanya beroperasi dari pukul 07.00 hingga pukul 11.00 siang anda bisa menemukan ipad, iphone, galaxy berbagai model atau seri. Di Depan pertokoan Hang Kesturi-Mega Legenda Batam Center beroperasi sehabis Maghrib. Anda juga bisa menemukan Laptop bekas maupun baru, Handycam, USB/flash. Jam tangan merek terkenal tapi aspal (rolex, police, gucci, bonia dsb).

Ah...barang berkelas jika dijual dikaki lima, jadi turun kelas, walau sebetulnya mahal dan mewah. Kesannya jadi murah. Tapi tergantung andalah....siapa yang peduli HP yang anda miliki dibeli di kaki lima.

No comments: